Bocoran Fitur Canggih Honda ADV 160 yang Besok Diluncurkan

Panelmeter Honda ADV 150.
Sumber :
  • VIVA/Rendra Saputra

VIVA Otomotif – PT Astra Honda Motor (AHM) sepertinya akan meluncurkan sepeda motor matik baru, sosok calon motor baru tersebut diduga Honda ADV 160. Hal tersebut terlihat dari gambar teaser, yang diposting oleh akun Instagram resmi @welovehonda_id, dalam teaser tersebut, bentuknya mirip dengan Honda ADV.

Enaknya Jadi PNS, Baru Masuk Kerja Setelah Lebaran Dikasih Motor Baru

Makanya tak heran jika banyak yang menduga PT AHM akan meluncurkan Honda ADV 160, selain itu sebelumnya Honda memiliki strategi memasarkan PCX 150, Vario 150, dan ADV 150 dengan menggunakan platform mesin yang sama.  Pada model ADV 160 juga akan menggunakan platform mesin yang sama dengan PCX 160, dan Vario 160 atau Click 160.

Mesin itu mengusung kode eSP+ dengan peningkatan jumlah klep dari 2 klep menjadi 4 klep dan peningkatan kapasitas mesin dari 149cc menjadi 157cc, ukuran bore x stroke adalah 60,0 x 55,5 mm dan rasio kompresinya adalah 12:1.

Mau Beli Honda Stylo 160 Usai Lebaran, Segini Harganya

Dengan mesin yang lebih bertenaga, mampu menghasilkan tenaga kuda maksimum 15,8 dk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 15 Nm pada 6.500 rpm. Nah, belum lama ini akun @welovehonda_id memposting video yang memperlihaykan bentuk panel instrumen calon motor baru tersebut. 

Menariknya ada indikator kontrol traksi dan tachometer, video teaser berdurasi 15 detik tersebut, pada video tersebut ditampilkan desain panel instrumen yang mengotak dengan mengadopsi negative display, yakni background gelap dan tulisannya terang.

Honda Antar 2 Ribuan Pemudik Menuju Kampung Halaman Menggunakan 59 Bus

Ada beberapa indikator yang ditampilkan di panel instrumen itu. Mulai penunjuk jam, konsumsi rata-rata, serta tentunya indikator bahan bakar. Tapi ada lagi indikator yang ditampilkan, yakni tachometer dan logo bertuliskan HSTC.

Sementara HSTC merupakan kependekan dari Honda Selectable Torque Control, yang manfaatnya serupa fitur kontrol traksi.  Fitur HSTC berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi ada perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dihindari.

Saat ini, HSTC bisa ditemui pada model Big Bike dan Matic Premium Honda seperti Honda CRF 1000L Africa Twin, Honda Gold Wing, CBR1000RR, X-ADV 750, Forza 250, dan PCX 160.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya