Kesan Pertama Tunggangi Vespa Elettrica Seharga Rp198 Juta

Test ride vespa elettrica di Jakarta
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta – Belum lama ini, PT Piaggio Indonesia (PID) meluncurkan skuter listrik pertama dari Vespa, bernama Elettrica. Ini sejalan dengan upaya mendukung pemerintah dalam percepatan elektrifikasi di Indonesia. 

BRIN Dukung Industri Kendaraan Listrik Nasional Lewat Pameran IEMS 2024, Catat Tanggalnya

Sebelumnya, skuter listrik ini telah diperkenalkan secara global di EICMA (Milan Motorcycle Shows) 2022, di Milan, Italia. Vespa Elettrica memasuki pasar Indonesia dengan mengusung tampilan modern dengan karakterisitik unik.

Dibekali baterai lithium-ion, Vespa Elettrica menawarkan pengalaman berkendara yang hening tanpa mengorbankan performa.

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Layaknya motor listrik pada umumnya, kecepatan maksimal Vespa listrik dibatasi di 67 kilometer per jam, dengan jarak tempuh hingga 100 kilometer dalam mode Eco dan 70 km dalam mode Power.

Vespa Elettrica menggunakan motor listrik sebesar 2 kW yang dapat menghasilkan tenaga 4 kW (5,4 hp) dan torsi puncak 200 Nm.

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Sebagai pendatang baru di pasar Indonesia, kehadiran sepeda motor dari merek legendaris Italia ini mengundang rasa penasaran bagaimana sensasi mengendarainya.

Maka dari itu, PID mengajak beberapa awak media termasuk VIVA Otomotif untuk merasakan sensasi langsung mengendarai Vespa Elettrica dalam sesi Test Ride di area Plaza Senayan, Jakarta.

Test ride vespa elettrica di Jakarta

Photo :
  • Arianti Widya

Sebagai pengendara perempuan dengan tinggi badan 165 cm, Vespa Elettrica terasa pas saat ditunggangi karena tidak terasa berat dan kaki masih bisa menapak.

Lebih lanjut, motor listrik ini memiliki dua mode berkendara, yaitu ECO dan Power, dengan kecepatan maksimal yang berbeda.

Ketika mencoba mode ECO, tenaga yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Ini ditujukan untuk penghematan energi agar mendapatkan jarak tempuh lebih panjang.

Namun, ketika mengubah menjadi mode Power, tenaga yang dikeluarkan terasa lebih besar. Akselerasi awal juga lebih cepat terasa berbeda dengan mode ECO.

Motor listrik ini juga terdapat mode Reverse, yang berfungsi saat pengguna akan mundur ke belakang.

Terdapat panel instrumen digital berukuran 4,3 inci yang memuat berbagai informasi, seperti kecepatan, mode berkendara yang sedang berjalan, jarak tempuh yang tersisa, hingga tingkat pengisian baterai.

Untuk posisi berkendara Vespa Elettrica, jok terasa nyaman. Saat kami mencoba melewati polisi tidur atau jalanan gundakan, suspensi dari Vespa Elettrica memberikan kesan agak keras namun tidak mengganggu perjalanan.

Sebagai informasi tambahan, Vespa Elettrica tidak hanya memanjakan pengendara, tetapi juga mempertimbangkan lingkungan. Baterai memiliki efisiensi tinggi hingga 1.000 siklus pengisian penuh, dengan garansi 3 tahun.

Pada motor listrik ini juga terdapat Fitur Kinetic Energy Recovery System atau KERS yang disematkan, memungkinkan pengisian daya baterai saat perlambatan.

Selain itu, adanya sertifikasi IP65 menjadikan baterai tahan terhadap debu dan air tekanan rendah sehingga tidak perlu khawatir saat dicuci.

Berkaitan dengan harga, Vespa Elettrica dijual seharga Rp198 juta dengan status OTR Jadetabek. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya