Cara Bikin AC Mobil Cepat Sejuk, Praktis dan Ampuh

Ilustrasi menyalakan AC mobil.
Sumber :
  • Driving.ca

VIVA – Penyejuk kabin mobil menjadi fitur andalan, saat harus berkendara di tengah udara yang panas. Sama seperti komponen lainnya, perangkat ini harus diperiksa secara berkala, terutama soal kondisi kebersihannya.

Terpopuler Otomotif: Mobil Hitam Ditabrak Berkali-kali, Honda HR-V Kena Recall Lagi

Umumnya, pemilik mobil menyerahkan proses tersebut ke bengkel atau tempat servis resmi. Namun, ada cara lain yang bisa ditempuh pemilik, agar kondisi penyejuk kabin tetap prima dalam jangka waktu lama.

Dilansir dari Astraworld, Rabu 25 Juli 2018, langkah pertama yakni memastikan bahwa lantai mobil selalu dalam kondisi bersih. Setiap kali mobil dipanaskan saat pagi hari, angkat karpet dan bersihkan dari debu serta kotoran yang menempel.

3 Kesalahan Menyalakan AC Mobil yang Bisa Merusak

Hal itu perlu dilakukan, agar kotoran tidak terisap ke dalam saringan udara penyejuk kabin. Bila itu terjadi, maka saringan akan cepat kotor dan pendinginan tidak maksimal.

Langkah kedua yakni membuka kaca sebelum menghidupkan penyejuk udara. Meski terlihat janggal, namun udara panas yang terperangkap di dalam kabin dapat keluar dengan mudah. Udara yang sedikit lebih sejuk bisa masuk, sehingga kerja pendingin tidak berat.

4 Cara Cepat Turunkan Suhu AC Mobil di Cuaca Panas

Terakhir, pastikan kondensor dibersihkan saat mencuci mobil. Semprotkan air bertekanan tinggi ke lubang di bumper depan. Kotoran yang menempel akan terbawa air, menjadikan sirip kondensor bersih dan siap menurunkan suhu freon.

AC mobil (Ilustrasi).

Satu Keluarga Keracunan AC Mobil hingga Tewaskan 1 Orang, Ini Tips Mencegahnya

 Keracunan udara akibat Air Conditioner (AC) mobil kembali terjadi, bahkan menelan korban jiwa satu orang. Ada beberapa cara untuk menghindari keracunan gas ac mobil itu.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024