Bikin Merinding, Makna Dibalik Diangkatnya Cerita Film Mantra Surugana

Film horor Mantra Surugana
Sumber :
  • IG @peregrinestudiosid

JAKARTA – Mantra Surugana adalah salah satu film horor terbaru dari Indonesia yang akan segera dirilis di 27 Juli mendatang. Film garapan dari sutradara Dyan Sunu Prastowo ini menceritakan bangkitnya sosok iblis melalui mantra dan kutukan yang menghantui seorang mahasiswi baru bernama Tantri yang diperankan oleh Sitha Marino.

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Tantri yang memiliki niat untuk menuntut ilmu dan akhirnya memutuskan untuk tinggal di sebuah kamar asrama. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Namun, siapa yang menyangka jika di kamar asrama tersebut ia menemukan hubungan mengerikan dengan mantra dan kutukan di masa lalu. Mantra dan kutukan tersebut ternyata mampu membangkitkan iblis Surugana yang meminta korban nyawa.

Perjuangan Devano Danendra Bintangi Film Malam Pencabut Nyawa, Sampai Lakukan Hal Ini
Nayla Purnama Jadi Peran Utama di Film Horor Vina: Sebelum 7 Hari, Diangkat dari Kisah Nyata Viral

Terkait dengan Mantra Surugana, Produser sekaligus Chief Excecutive Producer Peregrine, Ervina Isleyen menjelaskan bahwa melalui film ini pihaknya ingin mengangkat cerita horor dari Sunda. Bahkan untuk membuat cerita film horor ini pihaknya juga memiliki konsultan Sunda.

“Kita punya konsultan Sunda kuno. Kita mau angkat cerita horor dari dataran Sunda,” kata dia dalam press conference perilisan trailer Mantra Surugana di Gandaria Jakarta Selatan, Selasa 20 Juni 2023.

Lebih lanjut diungkap oleh Erna bahwa mantra sendiri di kalangan masyarakat Sunda sudah ada bahkan sebelum agama Islam masuk ke tanah Sunda.

Di saat itu, masyarakat Sunda sering menggunakan mantra, kata dia untuk meminta sesuatu yang baik seperti meminta anak mereka yang sakit menjadi sembuh hingga meminta hujan.

Namun seiring berjalannya waktu, matra tersebut tidak hanya digunakan untuk meminta hal baik namun juga meminta hal buruk atau untuk menyakiti orang lain. 

“Ketika meminta untuk menyakiti orang lain ada nama iblisnya,” kata dia.

Salah satu nama iblis itu kata Erna adalah Hurugana. Hurugana ini yang akhirnya diangkat untuk cerita ini namun pihak produksi mengungkap Hurugana diubah menjadi Surugana.

Film Mantra Surugana

Photo :
  • VIVA / Isra Berlian

Sebab masyarakat setempat masih percaya bahwa ketika mengucap mantra dengan menyebut nama iblis itu akan kejadian. 

“Makanya namanya kita ganti jadi Surugana,” kata Erna.

Sementara itu, dia juga mengaku melalui perilisan trailer film Mantera Surugana hari ini akan menarik rasa penasaran penonton. 

“Dengan kolaborasi tiga pihak, kami menggarap ini secara detil dan serius dengan dedikasi dan komitmen yang tinggi serta berharap film perdana kami, Mantra Surugana dapat menyuguhkan kualitas tontonan terbaik di genre horor, yang nantinya dapat menjadi milestone kami di indutri perfilman Tanah Air,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya