Setelah 5 Bulan, Mogok Kerja Para Aktor dan Penulis Hollywood Berakhir

Aktor, aktris dan penulis atau SAG-AFTRA melakukan mogok kerja
Sumber :
  • CNBC News

VIVA Showbiz – Anggota Writers Guild of America (WGA) akhirnya menyetujui kontrak baru berdurasi tiga tahun dengan studio-studio besar pada awal pekan ini. Hal ini berarti, usai lima bulan setelah serikat pekerja tersebut menyerukan mogok kerja yang membuat produksi film dan televisi Hollywood mengalami kekacauan.

Manajemen dan Serikat Pekerja Freeport Teken PKB, Menaker: Bisa Jadi Contoh bagi Perusahaan Lain

WGA mengatakan 99 persen dari sekitar 8.500 suara mendukung kesepakatan tersebut, yang memberikan kenaikan gaji, beberapa perlindungan seputar penggunaan kecerdasan buatan (AI) dan keuntungan lainnya.

“Bersama-sama kita mampu mencapai apa yang dikatakan banyak orang sebagai hal yang mustahil enam bulan lalu,” kata Presiden WGA Barat Meredith Stiehm, mengutip Deadline, Selasa, 10 Oktober 2023.

Wisata Alam Sukabumi Viral Gegara Will Smith, Sandiaga: Luar Biasa!

SAG-AFTRA

Photo :
  • NPR

Pemungutan suara tersebut tidak mengakhiri ketegangan perburuhan di Hollywood.

Termasuk Will Smith, Ini 5 Artis Hollywood yang Tertarik Belajar Islam dan Al Quran

Seperti diketahui, anggota serikat para aktor dan aktris Hollywood, SAG-AFTRA mogok kerja dari pekerjaan mereka pada bulan Juli dan bertemu lagi dengan negosiator studio pada hari Senin untuk mencoba mencapai kesepakatan.

Pemogokan yang terjadi selama beberapa bulan di industri hiburan mewakili salah satu tantangan baru ketenagakerjaan yang paling terlihat di seluruh Amerika Serikat pada tahun ini di perusahaan-perusahaan mulai dari UPS hingga produsen mobil Detroit.

Aliansi Produser Film dan Televisi (AMPTP), yang mewakili Walt Disney, Netflix, dan perusahaan media lainnya, mengatakan kontrak tersebut “mewakili keuntungan dan perlindungan yang berarti bagi para penulis.”

“Merupakan kemajuan penting bagi industri kami karena para penulis kembali bekerja,” kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan.

Penulis mengundurkan diri dari pekerjaannya pada tanggal 2 Mei, memaksa banyak film dan TV ditutup dan menunda acara yang dimaksudkan untuk musim siaran musim gugur.

Para juru tulis kembali bekerja pada 27 September setelah negosiator mencapai kesepakatan tentatif dengan AMPTP.

Acara bincang-bincang larut malam seperti "Jimmy Kimmel Live" dan "Real Time with Bill Maher" juga akhurnya telah kembali dengan episode baru, dan acara sketsa komedi "Saturday Night Live" akan hadir kembali akhir pekan ini. Namun banyak produksi film dan TV yang masih terkatung-katung karena para aktor masih melakukan pemogokan.

Para artis dan penulis naskah Hollywood mogok kerja

Photo :
  • NPr

Para pelaku juga mengupayakan peningkatan gaji dan perlindungan AI, serta perbaikan kondisi kerja lainnya. Negosiator serikat aktor SAG-AFTRA melanjutkan pembicaraan kontrak dengan studio.

SAG-AFTRA, serikat pekerja dan studio terbesar Hollywood akan bertemu lagi pada Rabu, 11 Oktober, kata para pihak dalam sebuah pernyataan pada hari Senin. “Sekarang saatnya bagi AMPTP untuk mengembalikan fungsi kota lainnya dengan menegosiasikan kontrak yang adil dengan saudara SAG-AFTRA kita,” kata Presiden WGA Timur Lisa Takeuchi Cullen.

Menurut perkiraan Milken Institute, dua pemogokan ini telah merugikan perekonomian California sebesar hampir US$6 miliar, dan menyebabkan banyak anggota kru mengalami kesul

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya