Dea Panendra ‘Marlina, Si Pembunuh dalam Empat Babak‘ Ungkap Aktor itu Memanusiakan Manusia

Program Perempuan Dalam Film menghadirkan para pembuat film dengan latar belakan
Sumber :
  • ist

JAKARTA – Setelah sukses menggelar program Perempuan Dalam Film di Kota Surabaya. Program ini kembali hadir di kota Denpasar. Dengan demikian Denpasar menjadi kota kedua dari rangkaian program Perempuan Dalam Film. 

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Berlokasi di Prama Sanur Beach Hotel Bali, acara ‘Perempuan Dalam Film’ yang digagas Wahana Edukasi ini menghadirkan para pembuat film dengan latar belakang yang beragam, mulai dari Dea Panendra (Aktor Perempuan di ‘Marlina, Si Pembunuh dalam Empat Babak’, ‘Penyalin Cahaya’, ‘Mohon Doa Restu’).

Dita Gambiro (Production Designer ‘Like & Share’, ‘Budi Pekerti’, ‘Jatuh Cinta Seperti di Film-Film’) dan Cassandra Cameron (Penulis Skenario ‘Saiyo Sakato’, ‘Mohon Doa Restu’) untuk berdiskusi bersama mengenai peran, suara, dan dampak kehadiran perempuan dalam film. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan
Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

“Bali selalu memiliki atraksinya tersendiri bagi sineas lokal maupun mancanegara. Akan sangat besar potensi yang bisa kita gali bersama jika perempuan Bali aktif ikut serta berperan dalam ekosistem perfilman Indonesia,” ujar Orchida Ramadhania selaku Direktur Program dari Perempuan Dalam Film.

Program ini diketahui juga didukung oleh Direktorat Perfilman, Musik, dan Media; Direktorat Jenderal Kebudayaan; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek), ini merupakan sebagai salah satu bentuk dukungan nyata pemerintah dalam mewujudkan perbaikan ekosistem perfilman di Indonesia. 

Turut hadir juga perwakilan dari Pamong Budaya Perfilman di Direktorat Perfilman, Musik dan Media yaitu Marlina Machfud yang membuka ruang diskusi soal perempuan dalam film dan bagaimana upaya pemerintah untuk terus mendukung perempuan berkarya lewat serangkaian program yang disusun.

"Dalam beberapa tahun terakhir, persentase peserta dalam program Indonesiana Film masih didominasi laki-laki, namun mulai tahun 2023 jumlah peserta perempuan naik sampai dengan 49%, Peran perempuan dalam 3 tahun terakhir juga semakin signifikan dan mereka punya kemauan untuk meningkatkan keahlian mereka di bidangnya masing-masing,” ujar Marlina.

Bali sebagai salah salah satu daerah dengan potensi perfilman yang tinggi juga menjadi salah satu alasan Perempuan Dalam Film hadir di Denpasar. Acara ini turut dihadiri oleh sejumlah peserta dari berbagai macam latar belakang, mulai dari komunitas film, mahasiswa/i jurusan film, hingga kelompok perempuan di Bali. 

Partisipan yang hadir menyampaikan beberapa situasi yang dihadapi sineas lokal Bali terutama mengenai masih kurangnya dukungan pemerintah daerah terhadap ekosistem film setempat dan juga kurangnya akses pendanaan dan infrastruktur seperti layar sinema yang masih terpusat di Bali Barat.

Dea Panendra selaku salah satu perwakilan narasumber yang mengisi acara Perempuan Dalam Film memberikan pengalamannya sebagai seorang aktor. 

“Perjalanan saya menjadi aktor penuh dengan tantangan, mulai dari nyanyi, menjadi kru film, sampai akhirnya ikut kelas akting. Selama proses belajar itu, saya sadar menjadi aktor adalah memanusiakan manusia karena kita belajar memahami dan membangun empati terhadap sekitar,” kata dia.

Harapannya, program Perempuan Dalam Film di Denpasar dapat membuka wawasan para perempuan di Bali mengenai pentingnya keterlibatan perempuan dalam film dan juga ragam peran yang bisa diambil dalam industri perfilman, sehingga kedepannya regenerasi pelaku industri terus berjalan demi menunjang bertumbuhnya industri perfilman Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya