Alasan Baim Wong Daftar HAKI Citayam Fashion Week Pakai Perusahaannya

Baim Wong
Baim Wong
Sumber :
  • IG @baimwong

VIVA Showbiz – Nama Baim Wong belakangan memang sedang ramai diperbincangkan lantaran dirinya yang mendaftarkan merek Citayam Fashion Week (CFW) menggunakan perusahaannya dengan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) hingga dihujat netizen. 

Baru-baru ini Baim Wong membeberkan alasannya mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Direktur Jendral Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) melalui video podcast dengan Denny Sumargo.

Baim mengungkapkan alasan mengapa dirinya ingin mendaftarkan dan mematenkan CFW ke HAKI atas nama perusahaannya, bukan salah satu remaja yang ada dalam fenomena yang viral belakangan ini seperti Bonge, Kurma, Roy dan Jeje. 

"Itu salahnya, tapi harusnya memang (dipatenkan). Dalam arti harus tuh, ini enggak ada yang punya, kita aja yang punya," ujar Baim Wong yang dikutip VIVA pada Selasa, 2 Agustus 2022. 

Baim Wong

Baim Wong

Photo :
  • VIVA / Aiz Budhi

Baim Wong juga mengungkapkan bahwa dirinya mematenkan nama tersebut karena ingin membuat sebuah event dan memberikan wadah bagi para remaja tersebut.  Kemudian Denny Sumargo menanyakan kepada Baim apakah jika hanya ingin membuat sebuah event saja harus mematenkan nama Citayam Fashion Week? Namun menurut Baim, nama tersebut harus dipatenkan terlebih dahulu dan tidak sesederhana seperti kelihatannya.

"Enggak bisa, nggak bisa bro. Akan menjadi istilahnya melayang, karena itu adalah satu. Jadi, gue diajarin IP juga, IP itu adalah suatu hal yang sangat penting ya, apalagi ketika berbicara (tentang) brand," ujarnya lagi. 

Ia juga membeberkan mengapa ia tidak mendaftarakannya dengan nama dari remaja-remaja CFW karena mereka semua ternyata masih di bawah umur. Maka dari itulah memakai nama perusahaannya.

“Yang harusnya gue lakuin adalah satu yayasan atau gak kedua pake nama mereka (remaja Citayam Fashion Week) semua,” jelas Baim

Seharusnya, Baim bisa menggunakan nama yayasan agar lebih umum dan tidak mengandung bisnis, namun ia mengaku bahwa hal itu tidak terpikirkan olehnya. 

“Tapi alasannya udah gue bilang, gue istilahnya yang yayasan iya yah kenapa gak gue pikirin, tapi dia yang di dalam, situ (CFW) mereka di bawah umur semua bro, susah,” jelas Baim. 

Tadinya Baim dan istrinya Paula ingin membuatkan sebuah event untuk para remaja Citayam Fashion Week tersebut namun pendaftaran HAKI-nya menjadi pro kontra dan viral. Hingga akhirnya Baim resmi mencabut pendaftaran tersebut pada 26 Juli 2022 lalu dengan menandatangani Surat Permohonan Penarikan Kembali Permohonan Baru.