Jadi Band Legendaris, Ternyata Segini Bayaran Manggung Pertama Dewa 19 Saat Kuliah

Formasi personel di album perdana DEWA 19
Sumber :
  • ist

VIVA ShowbizAri Lasso menjadi salah satu musisi Tanah Air yang lagu-lagunya tak henti dinikmati hingga saat ini. Berkarir sejak tahun 90-an, penggemar Ari Lasso kini datang dari berbagai generasi yang masih menanti karya-karya terbarunya.

Terpopuler: Pernikahan Anak Andra Ramadhan sampai Celine Evangelista Berangkatkan Umrah Karyawannya

Perjalanannya menjadi bintang tidaklah mudah. Ari Lasso menceritakan pengalaman pertamanya manggung bersama Dewa 19 yang saat itu masih bernama D.E.W.A.

Pelantun tembang hits Hampa tersebut masih berstatus sebagai mahasiswa ketika mulai bermusik dengan Ahmad Dhani. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Anak Andra Ramadhan Resmi Menikah, Ahmad Dhani Jadi Saksi

Ari Lasso mengungkapkan bahwa grup bandnya itu pertama kali tampil di sebuah acara kampus, yang diketuai oleh dirinya sendiri. Untuk penampilan itu, Ari Lasso dan kawan-kawan bandnya tidak dibayar dengan uang melainkan dengan nasi kotak dan air mineral.

Maliq & D’Essentials hingga Dewa 19 Hibur Ribuan Penonton di Soul Intimate Concert 2.0

"Kebetulan, saya ketua panitianya di kampus, itu pertama kali Dewa dilaunching lah ya. (Dewa 19) nyanyi tiga lagu, bayarannya adalah nasi kotak dan sebotol air mineral," kata Ari Lasso, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin 8 Mei 2023.

"Itu tahun 91, begitu lulus SMA. Itu acara penutupan penataran di kampus saya," sambungnya.

Sebagai grup band yang baru mulai berkarya, Ari Lasso menyadari bahwa ia dan kawan-kawan tidak bisa mengharapkan bayaran yang besar. Bahkan, Dewa 19 saat itu pernah diminta mengisi acara tanpa dibayar sepeserpun.

"Terus kemudian di musik lorong itu juga masih D.E.W.A. itu malah ngga ada bayarannya," katanya.

Beberapa kali tampil di atas panggung, Dewa 19 mulai dilirik oleh penyelenggara acara lainnya. Mereka akhirnya mendapatkan bayaran uang pertama kali saat tampil di Kota Solo pada tahun 1992.

Ari Lasso mengungkapkan bahwa masing-masing personel mendapatkan uang sebesar Rp225 ribu.

"Kalau manggung pertama kali Dewa di kota Solo itu tahun 92, Dewa rilis bulan Oktober, (manggung pertama) di bulan November di kota Solo, itu bayarannya satu orang dapat Rp225.000," kata Ari Lasso.

Sejak saat itu, band yang digawangi oleh Ahmad Dhani tersebut mengalami perkembangan dan semakin dikenal banyak orang.

Hingga menjelang waktu keluarnya Ari Lasso dari band sekitar tahun 1999, bayaran anggota Dewa 19 untuk tampil di atas panggung dibandrol mulai dari Rp1.150.000.

"Saya keluar dari Dewa tahun 1999-2000 itu bayarannya perorang itu mencapai Rp.1.150.000 dan kadang Rp2.500.000," ujar Ari Lasso.

Bagi pria kelahiran 1973 tersebut, semua hal yang telah ia lalui bersama Dewa 19 sejak awal terjun ke dunia musik adalah sebuah lika-liku dalam hidup. Ari Lasso hanya menikmati perjalanannya itu hingga akhirnya ia bisa sukses seperti sekarang.

"Kalau lika-likunya ya namanya hidup di mana pun, kerjaan apa pun, dijalani dengan sepenuh hati," pungkas Ari Lasso.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya