SM Entertainment Curiga Ada yang Pengaruhi Chen, Baekhyun dan Xiumin Putuskan Kontrak dengan Agensi?

Baekhyun, Xiumin, dan Chen EXO.
Sumber :
  • Koreaboo

VIVA Showbiz – Hari ini, 1 Juni 2023, EXO-L (sebutan penggemar EXO) dikejutkan dengan kabar Chen, Baekyun dan Xiumin yang memutuskan untuk mengakhiri kontrak mereka dengan SM Entertainment. Melalui kuasa hukum, ketiga member EXO itu menduga SM Entertainment membuat mereka menandatangani kontrak budak.

Sehun EXO Diduga Hangout Bareng Pacar di Restoran

Menurut perwakilan hukum, SM Entertainment berusaha untuk melakukan kontrak eksklusif dengan artis yang berlaku setidaknya selama 17 atau 18 tahun.

Baekhyun, Xiumin, dan Chen

Photo :
  • Soompi
Tampil di Saranghaeyo Indonesia 2024, Xiumin EXO Janjikan Penampilan Spesial

"Seakan kontrak 12-13 tahun tidak cukup buruk, label berusaha membuat artis menandatangani selama 17-18 tahun. Ini adalah penyalahgunaan kekuasaan oleh SM yang tidak adil terhadap artisnya," kata Pengacara untuk Baekhyun, Xiumin, dan Chen mengutip laman Koreaboo.

Salah satu yang menjadi sorotan ketiga member EXO itu adalah permintaan atas penghitungan penuh aktivitas mereka dan pendapatan yang dihasilkan sejak Maret, tetapi SM Entertainment belum memberikannya.  

Waspada! Pneumothorax Seperti Dialami Winter aespa, Kenali Gejala dan Bahayanya

"Sejak 21 Maret hingga saat ini, ketiga member EXO itu mengirim sertifikasi konten sebanyak tujuh kali, dan melalui ini, mereka meminta salinan laporan penyelesaian yang transparan dan dasar penyelesaian,” kata perwakilan ketiga member EXO tersebut melansir laman Soompi.

SM Entertainment pun akhirnya merilis pernyataan resmi mereka terkait keputusan Chen, Baekhyun, dan Xiumin untuk mengakhiri kontrak.  

"Halo ini SM Entertainment. Melalui pernyataan resmi dari perwakilan hukum dari Byun Baekhyun (Baekhyun), Kim Jong Dae (Chen) dan Kim Min Seok (Xiumin), mengklaim pemutusan kontrak eksklusif mereka hari ini, kami ingin merilis pernyataan kami mengenai masalah ini. Pertama-tama, EXO adalah artis yang sangat kami hargai," tulis pernyataan resmi SM Entertainment.

SM Entertainment kemudian menyebut bahwa karena rasa hormat mereka kepada EXO mereka akhirnya menaikkan tingkat pembayaran mereka dua kali lipat bahkan selama periode ketika kontrak eksklusif member EXO itu masih berlaku.

EXO-CBX

Photo :
  • SM Entertainment

SM Entertainment juga mengungkap bahwa pihaknya telah melakukan pembayaran selama beberapa tahun dengan sistem di mana artis dapat memeriksa dasar penyelesaian kapan saja.

"Dan mereka tidak mempermasalahkan proses ini selama bertahun-tahun. Bahkan saat mendiskusikan kontrak baru dengan para artis ketika kontrak mereka yang ada berakhir, ketiga artis tersebut Byun Baek Hyun, Kim Jong Dae, dan Kim Min Seok semuanya menandatangani kontrak eksklusif baru yang sah setelah melakukan negosiasi yang saling menguntungkan, dan tidak ada masalah dengan kontrak tersebut. aspek penyelesaian dalam proses itu baik," lanjut keterangan resmi SM Entertainment.

Namun, perwakilan hukum Chen, Baekhyun dan Xiumin, kata SM Entertainment, tiba-tiba mulai mengklaim bahwa kontrak eksklusif mereka yang baru ditandatangani tidak sesuai. Pihak SM kemudian mulai mendengar bahwa ada kekuatan eksternal yang memengaruhi ketiga idol itu. 

"Kami sangat terkejut, tetapi kami bekerja untuk menandatangani perjanjian untuk sepenuhnya menghormati pendapat artis kami, tetapi kami meminta jaminan untuk tidak menandatangani kontrak tambahan yang akan melanggar kontrak eksklusif mereka," lanjut keterangan SM Entertainment. 

Kemudian, kata SM Entertainment menyebut perwakilan hukum ketiga idol itu, yang awalnya meminta SM Entertainment menandatangani perjanjian, mengubah sikap mereka, dan mengakhiri negosiasi untuk perjanjian tersebut dan secara sepihak memberi tahu SM Entertainment tentang pemutusan kontrak mereka tanpa penjelasan apakah ada kontrak ganda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya