Ahmad Dhani Ketawa Ungkap Bayaran Pertama Once Mekel Jadi Backing Vocal

Ahmad Dhani
Sumber :
  • YouTube

JAKARTA – Kisruh Ahmad Dhani dan Once Mekel mengenai royalti lagu Dewa 19 sempat menjadi sorotan publik, khususnya pencinta musik Indonesia. Disebut-sebut tarif Once Mekel yang mahal dan picu Ahmad Dhani meradang, rupanya bayaran pertama vokalis spesialis nada tinggi itu tak disangka cuma segini!

Duet Ahmad Dhani-Bayu Airlangga Masuk Bursa Pilwali Surabaya

Beberapa waktu sebelum kisruh Ahmad Dhani dan Once Mekel itu, suami Mulan Jameela itu sempat berbincang dengan Rian D'Masiv di podcast-nya.

Pembicaraan yang cukup dalam itu, kemudian mengingat kembali momen awal Dewa 19 terbentuk, hingga sempat juga membesut Ahmad Band di tahun 1998 silam. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Dewa 19 sampai Yura Yunita Siap Meriahkan Hoora Fest 2024, Catat Tanggalnya

Ahmad Dhani dan Once

Photo :
  • VIVA.co.id/ Nuvola Gloria

"Waktu Ahmad Band (di tahun) 98 kan Once backing vocal dulu," kenang Ahmad Dhani, dalam kanal YouTube Rian Ekky Pradipta, dikutip Sabtu 17 Juni 2023.

Virzha Resmi Menikah dengan Sausan Sabrina, Personel Dewa 19 Ucapin Selamat

Mantan suami Maia Estianty itu mengaku bahwa saat itu cukup tertarik mengajak Once ikut dalam band idealis yang dibentuknya itu.

Sebab, vokal Once memiliki ciri khas yang disukai Ahmad Dhani sehingga cocok untuk mengisi backing vocal grup band yang digawangi juga oleh Bimo eks Netral, serta Pay dan Bongki eks Slank.

"Jadi tiap aku show, Once jadi backing vocal sama Bebi Romeo," jelas ayah El Rumi ini.

Once Mekel

Photo :
  • Ist

Tak disangka, Ahmad Dhani blak-blakan untuk menyebut angka bayaran pertama Once Mekel saat jadi backing vocal Ahmad Band, grup yang dibentuknya saat Dewa 19 sedang vakum tahun 1998.

Rupanya, bayaran Once Mekel tak sampai Rp200 ribu. Namun, di tahun 1998 tentunya dana tersebut termasuk besar.

"Bayarannya lumayanlah, satu setengah....., Rp150 ribu," kata Dhani sembari tertawa.

Ada pun, Dhani mengaku Once tak pernah sekali pun meminta izin kepadanya atau Dewa 19 saat membawakan lagu mereka. Awalnya, Dhani tidak terlalu melihatnya sebagai masalah besar.

Once Mekel

Photo :
  • Mohammad Yudha Prasetya/VIVA.co.id

"Ya, awalnya begini, oke lah 2010 Once keluar dari Dewa 19 ya, dari Dewa 19 keluar. Terus, kita tahu dia masih sering nyanyi lagu Dewa 19 tanpa izin dari kami pengarang lagu, sebagai owner dari lagu-lagu Dewa 19. Kita awalnya sih diem-diem ajalah, gak apa-apa lah," ungkap Ahmad Dhani.

Hal tersebut hanya membuat Dhani marah karena merasa tidak mendapatkan feedback yang baik dari Once. Dhani merasa tidak diperlakukan sebagai teman saat berbisnis dengan Once.

Salah satu contoh tidak dianggap sebagai teman, kata Dhani, adalah saat Once meminta uang yang semakin banyak dari waktu ke waktu.

Dhani menuturkan, Once selalu meminta bayaran lebih tinggi setiap tampil bersama band yang digawanginya

"Ya, karena enggak cincai gitu. Kita kan tahu dulu harga dia Rp75 perkotaan gitu. Tapi, kok setiap main sama Dewa kok naik terus. Dari Rp100 (juta) ke Rp150 ke Rp175, ya kan. Sementara bayaran saya di Dewa enggak sebesar itu juga gitu loh," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya