Cerita Isyana Sarasvati Akan Isi Pagelaran Sabang Merauke Tahun Ini.

Isyana Sarasvati
Sumber :
  • ist

JAKARTA – Pagelaran Sabang Merauke 'Pahlawan Nusantara' akan menampilkan berbagai aksi pertunjukan teatrikal, tari-tarian daerah dan kontemporer, serta rangkaian musik daerah dan nasional yang akan dikemas dalam penampilan spektakuler di atas panggung, termasuk parade busana etnik Indonesia. Lebih dari 200 profesi akan terlibat dalam pagelaran ini, termasuk ratusan seniman lintas generasi terbaik Indonesia, seperti musisi, penari, penyanyi ternama, dan desainer dan rumah mode terkemuka.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Selain itu, beberapa nama terkenal dalam industri musik Indonesia akan turut memeriahkan pagelaran ini, termasuk Isyana Sarasvati, Cantika Abigail, Swain Mahisa, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Nino Prabowo, Yuyun Arfah, dan Gabriel Harvianto. Mereka akan membawakan 31 lagu daerah dan nasional untuk membangkitkan semangat nasionalisme penonton. Scroll lebih lanjut ya.

"Awalnya aku diajak oleh Kak Avip, karena dia adalah mentor vokal klasik aku dari kecil. Ketika aku lihat konsep pertunjukan ini, keren banget ya karena bisa membangkitkan kebanggaan anak muda terhadap keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia. Melalui pagelaran ini kita bisa menunjukkan berbagai macam keindahan yang kita punya dan harapannya agar generasi muda semakin menyadari bahwa budaya kita itu keren," ujar Isyana.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Pagelaran Sabang Merauke 'Pahlawan Nusantara' juga akan menampilkan persembahan teatrikal yang lebih megah dibandingkan edisi sebelumnya. Sutradara acara, Rusmedie Agus, menjanjikan perbaruan dari sisi multimedia, pengadeganan cerita, tata suara, hingga aksi-aksi teatrikal di panggung. 

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

Alur cerita akan mengusung tema perjuangan para pahlawan dari Aceh hingga Papua yang dipadukan dengan tampilan multimedia yang lebih menarik. Koreografi tari dan busana juga telah disempurnakan untuk menggugah perasaan penonton dan semakin membangkitkan kebanggaan sebagai bagian dari Indonesia.

“Karena mengangkat tema pahlawan nusantara, alur cerita jelas berbeda dibanding Pagelaran Sabang Merauke sebelumnya. Tata panggung akan mengusung konsep perjuangan para pahlawan dari Aceh hingga Papua dipadukan dengan tampilan multimedia yang lebih megah. Lalu di wilayah koreografi dan busana juga kami sempurnakan agar mampu menggugah perasaan penonton untuk semakin bangga menjadi bagian dari Indonesia,” ujar Rusmedi menjelaskan.

Pagelaran Sabang Merauke

Photo :
  • ist

Pagelaran ini juga akan memamerkan koleksi busana terbaik dengan nuansa etnik Indonesia dari desainer kenamaan Tanah Air, termasuk Ivan Gunawan, Era Soekamto, Danny Satriadi, Denny Wirawan, Ghea Panggabean, Taufik Bachtiar, dan anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) lainnya. Nama-nama seperti Iwan Tirta Private Collection dan Griya Ageman juga turut memamerkan koleksi Wastra Nusantara dalam pagelaran ini.

Pagelaran yang diprakarsai oleh iForte dan BCA ini bertujuan untuk menginspirasi generasi masa kini agar berperan aktif sebagai pahlawan dalam bidangnya masing-masing. Acara ini akan diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 19 dan 20 Agustus 2023.

Selain menikmati seni pertunjukan di panggung utama, para pengunjung juga dapat menyelami keragaman budaya Nusantara melalui cultural fair di luar area pertunjukan. Selain itu, festival UMKM yang melibatkan 48 UMKM Binaan BCA Bangga Lokal dan iForte, serta 3 Desa Binaan Bakti BCA juga akan berlangsung seiring dengan pagelaran ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya