Momen Iriana Jokowi Ajak Para Pendamping Negara ASEAN dan Mitra ke TMII

Momen Iriana Jokowi Ajak Para Pendamping Negara ke TMII
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Jakarta – Ibu negara Iriana Jokowi menyambut kehadiran para pendamping pemimpin ASEAN dan mitra di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Archipelago, Jakarta, pada Rabu, 6 September 2023. Kegiatan ini adalah bagian dari rangkaian gelaran KTT ke-43 ASEAN. 

Taman Mini Indonesia Indah: Jendela Menuju Keberagaman Budaya dan Pesona Alam Indonesia

Para pendamping pemimpin ASEAN dan mitra bergantian satu per satu disambut oleh Ibu Iriana. Mereka juga melakukan sesi foto bersama untuk kemudian menuju ke Art Market. Para pendamping kemudian berkeliling di area Taman Mini Indonesia Indah (TMII). 

Ibu Iriana juga mengajak para pendamping untuk melihat sejumlah anjungan provinsi di TMII Archipelago. Kegiatan ini dilakukan untuk memperkenalkan betapa kaya dan luasnya negara Indonesia kepada para pendamping negara ASEAN dan mitra. 

BI Proyeksikan Suku Bunga The Fed Turun Satu Kali pada 2024

Momen Iriana Jokowi Ajak Para Pendamping Negara ke TMII

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

"Ibu Iriana memberikan arahan kepada kami semua bahwa Spouse Program harus memorable (berkesan). Artinya ketika Spouse Program ini selesai harus membawa kesan yang baik,” kata Rika Kiswardani yang dilansir dari kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

Media Asing Sebut Timnas Indonesia Bakal Merajai ASEAN

“Termasuk di dalamnya adalah intimate, memberikan ruang untuk interaksi, sehingga tidak terasa kaku dan interaksinya baik. Caranya dikemas dengan berbagai kajian seni budaya," Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden tersebut. 

Dalam kegiatan tersebut, Iriana bukan hanya mengajak para pendamping pemimpin KTT ASEAN untuk menyaksikan atraksi seni budaya, tapi juga mengajak untuk menggoreskan cat kanvas. Setelahnya, para pelukis akan membuat lukisan dari goresan cat tersebut. 

"Kita juga menghadirkan ade-ade dari sanggar lukis. Kemudian ade-ade ini melukis sesuai dengan apa yang dibayangkan. Lukisan ini  menjadi bagian dari souvenir atau cinderamata yang akan diberikan ibu negara kepada para anggota Spouse," kata Rika.

Momen Iriana Jokowi Ajak Para Pendamping Negara ke TMII

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Dalam kegiatan tersebut, Iriana juga mempromosikan produk lokal dari UMKM dan juga mengenalkan bahwa produk lokal juga memiliki kualitas yang layak untuk terjun ke pasar internasional. Beberapa produk yang dipromosikan seperti tas, pakaian, dan makanan

Tak lupa, para pendamping pemimpin negara ASEAN dan mitra juga membawa sebagian oleh-oleh dari UMKM tersebut. "Semua tamu yang hadir menyampaikan rasa kebahagiaan, bahkan merasa semakin dekat dengan Ibu Negara (Iriana)," katanya.

Ia melanjutkan, para pendamping pemimpin dari ASEAN itu merasa terharu dengan jamuan dari Indonesia. Mereka mengaku meski banyak pendamping negara yang hadir, tapi mereka tetap merasa sangat diperhatikan secara personal. 

"Para ibu negara itu sangat puas dengan kegiatan ini, mereka terharu. Karena mulai dari tampilan budaya, makanan, dan tarian, ini semuanya mewakili negara-negara yang hadir. Sehingga ini sangat menyentuh mereka," kata Rika.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya