Farida Nurhan, 5 Kontroversi yang Bikin Heboh Jagat Maya

Farida Nurhan
Sumber :
  • IG @farida.nurhan

JAKARTA – Konten kreator, Farida Nurhan atau yang dikenal Omay belakangan tengah menjadi sorotan publik. Hal ini menyusul dengan perseteruannya dengan kritikus makanan, Codeblu.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Kasus ini bermula saat TikTokers Aa Juju mereview makanan di warung Nyak Kopsah milik bang Madun. Melihat review dari Aa Juju, Farida Nurhan mempertanyakan standar penilaian TikTokers tersebut. Scroll lebih lanjut ya.

Ramainya tentang review yang diberikan oleh Aa Juju akhirnya membuat Codeblu melakukan review dengan mencoba makanan di warunng Nyak Kopsah tersebut. Codeblu juga ternyata memberikan penilaian yang kurang baik terkait warung tersebut.

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Melihat hal itu, Farida Nurhan langsung menegur Codeblu melalui dm instagramnya dan menuliskan bahwa apa yang dilakukan Codeblu itu dapat mematikan rejeki pemilik warung.

Ditanya Soal Kebencian Chef Arnold, Begini Jawaban Codeblu

Perseteruan keduanya kemudian memanjanng hingga akhirnya Codeblu melaporkan Farida Nurhan ke pihak kepolisian. Hal ini menyusul dengan tindakan doxing yang diduga dilakukan Farida Nurhan kepada Codeblu.

Namun selain pertikaiannya dengan Codeblu, publik juga kembali diingatkan dengan kontroversi yang pernah dilakukan oleh wanita 41 tahun itu. Apa saja? Berikut ini rangkumannya.

1. Disebut bongkar aib anaknya 

Farida Nurhan sempat menceritakan masa lalunya yang kurang mengenakkan. Farida Nurhan secara gamblang mengakui bahwa dirinya hamil di luar nikah. Tak hanya itu saja, publik menuding Omay sapaannya juga membongkar aib anaknya, Pramesta Dhyaz di masa lalu.

Diungkap Farida Nurhan saat itu dirinya yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) dan meninggalkan putrinya itu di kampung bersama kedua orang tuanya. Insiden yang sama padanya juga ternyata kembali terulang pada putrinya. Dia menjelaskan bahwa apa yang terjadi pada anak semata wayangnya itu adalah kesalahannya sendiri.

"Satu-satunya manusia yang perlu disalahkan pada kejadian itu ya aku. Karena aku adalah orangtuanya, aku adalah orang yang harusnya ada buat anakku. Tapi aku terlalu busy dengan kerjaanku jadinya tidak terlalu dekat dengan anakku," ujarnya.

2. Kritik snack Al El Dul

Farida Nurhan

Photo :
  • Instagram @farida.nurhan

Publik kembali menyoroti review Farida Nurhan soal snack milik Maia Estianty. Menyusul dengan komentar Farida Nurhan kepada Codeblu yang tak boleh mereview jelek usaha dari Bang Madun. 

Dalam video review snack Al El Dul yang dilakukannya bersama putri semata wayangnya, Pramesta Dhayz, Farida Nurhan sempat 

"Al dan Dul kamu harus cek ya ini adalah produk kalian," kata Farida Nurhan.

"Emang sengaja gitu," kata putri Farida Nurhan.

"Hah masa sih, apa aku yang salah?," kata dia.

Dalam konten itu, dirinya juga secara gamblang menyebut bahwa snack Al El Dul tidak enak dan tidaak sebanding dengan harganya yang dinilai mahal.

"Rasanya standar, hmm tidak setimpal dengan harganya yang Rp 95 ribu dan penciptanya yang ganteng-ganteng itu," ujarnya. 

3. Muntahkan kue dagangan Selebgram cilik

Ramainya kritikan Farida Nurhan terhadap Codeblu yang dinilai tak etis dilakukan terhadap warung Nyak Kopsah. Membuat publik kembali membongkar video lama saat dirinya mereview Yummy Moonela Box bersama dengan anak kuliner. Dalam reviewnya itu bahkan Omay sapaannya sempat melepeh dagangan selebgram tersebut.

"Coba ya," kata dia sambil mengangguk-anggukan kepalanya.

Dia kemudian mengambil tisu dan memuntahkan makanan tersebut. Dia juga sempat tertawa.

"Menteganya kayak pakai mentega biasa kalau menurut gue. Seharusnya kalau enak itu wangi," kata Anak Kuliner.

Saat anak kuliner menjelaskan reviewnya, Farida Nurhan langsung beranjak dari tempat duduknya. Dia bahkan menyebut dirinya langsung mabok usai makan makanan tersebut.

"Hah kamu ngomong apa aku enggak ngerti, soalnya aku langsung mabok," kata dia sambil memberikan gestur seperti ingin muntah.

4. Ngaku dipalak Rp8 juta

Farida Nurhan

Photo :
  • IG @farida.nurhan

Publik kembali menyoroti video review Farida Nurhan ketika mengunjungi warung makan David di Banyumas dan Kebumen. Padahal saat itu dirinya  datang untuk mereview makanan secara gratis. Dia bahkan mentraktir orang-orang yang ada di sekitar tempat makan itu.

Namun saat diberikan bon atau bill-nya, Farida Nurhan dikejutkan dengan jumlah makanan yang menurutnya tidak sesuai. Dalam hal ini sang food vlogger mengaku tidak mempermasalahkan jumlah harga tagihan, melainkan kejujuran pemilik tempat makan tersebut. 

Farida Nurhan diketahui mentraktir bakso dan soto, namun jumlah porsi yang ada di dalam bill menurutnya tidak sesuai dengan yang ada di lapangan. Hal itu lantaran kuah bakso dan soto yang ia lihat hanya setengah panci. Sehingga tidak begitu mungkin bisa sampai 200 mangkok. Begitu pula dengan snack dan makanan ringan yang dibeli serta jumlah minuman yang tak seimbang dengan makanannya. 

5. Netizen soroti tindakan Farida Nurhan yang body shamming

Diketahui, dalam perseteruan antara dirinya dengan Codeblu, Farida Nurhan sempat melakukan tindakan body shamming terhadap Codeblu. Dirinya terlihat berulang kali menertawakan foto yang dilihat di ponselnya. Foto tersebut diduga memperlihatkan wajah Codeblu yang tidak dia ekspos ketika melakukan review.

"Hah ya Allah, ini? Don't worry ... ya Allah, tak pikir kayak chef Juna. Makanya gak pakai video, gak pakai foto, sok-sok bisa nge-review, sok-sok ngerti FnB. Kok kayak dukun ini? Kok kayak dukun, lagi ngapain sampean?," kata Farida Nurhan.

Sontak saja unggahan tersebut langsung ramai dikomentari warganet. Tidak sedikit dari warganet yang menyinggung wajah lama Farida Nurhan sebelum operasi plastik. Tak hanya itu saja, netizen juga sempat menyinggung tentang putrinya yang meminta agar warganet tak memberikan komentar body shamming terhadap bentuk hidungnya. Namun netizen heran ketika putrinya meminta untuk tidak dibody shamming, Farida belakangan malah melakukan hal tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya