Masyarakat Minta Richard Lee Setop Kampanye Berbayar, Kliniknya Sampai Digeruduk Massa

dokter Richard Lee
Sumber :
  • Instagram @dr.richard_lee

JAKARTA – Sekelompok masyarakat yang berasal dari Barisan Aktivis Jakarta (Barak Nusantara) menggeruduk salah satu klinik kecantikan milik Dokter Richard Lee, karena dinilai telah melakukan kampanye negatif galon guna ulang berbahaya yang telah mengkhawatirkan masyarakat. 

Dilema Air Minum Dalam Kemasan

Mereka mencurigai konten podcast yang telah tersebar di masyarakat itu dibayar oleh pihak-pihak tertentu. Scroll untuk informasi selengkapnya.

“Seorang dokter kecantikan yang passion-nya seharusnya bicara soal kosmetik tidak punya kompetensi untuk berbicara mengenai makanan dan minuman. Tapi kali ini, dia telah menyalahgunakan tanggung jawabnya selaku seorang dokter kecantikan dengan menyebarkan isu galon guna ulang berbahaya tanpa memiliki bukti sama sekali,” ujar Ryansyah, Ketua Umum Barak Nusantara dalam orasinya saat melakukan aksi di depan klinik kecantikan milik dr. Richard di Jakarta Selatan, Jumat 6 Oktober 2023.

Upaya Mahasiswa Kurangi Sampah Plastik, Kompak Lakukan Ini

Dia juga menyuarakan kemungkinan adanya pihak-pihak tertentu yang mendanai konten podcast dr. Richard yang terkesan menakut-nakuti masyarakat dengan menyebarkan isu bahwa air minum dalam kemasan (AMDK) galon guna ulang berbahaya bagi kesehatan karena mengandung BPA

Babak Baru Kasus Amy BJ dan Aden Wong, dr Ricard Lee Ungkap Fakta Ini

“Kami mencurigai adanya sponsor dari produk-produk pesaing yang ingin menjatuhkan produksi AMDK guna ulang,” tukasnya. 

Karenanya, dia mendesak agar KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) segera memanggil dan memeriksa
Richard Lee atas kontennya terkait galon guna ulang berbahaya yang beredar di publik baru-baru ini. 

Menurutnya, perlu ada upaya-upaya tegas dari pemerintah dalam hal ini KPPU untuk menindak pihak-pihak maupun produsen yang melakukan kampanye-kampanye negatif termasuk melalui iklan-iklan yang jelas-jelas mendiskreditkan produk dari perusahaan lain pada industri yang sama. 

“Hal ini untuk memberikan efek jera terhadap mereka. Tanpa adanya ketegasan dari Pemerintah untuk menindak kasus ini, perilaku buruk ini akan terus dilakukan. Ini yang menyebabkan kasus-kasus persaingan usaha tidak sehat di industri AMDK ini terus terjadi,” tegasnya.

Dikatakan, propaganda-propaganda negatif  akan terus dihembuskan. Perlakukan itu terjadi karena kurangnya pengawasan serta sanksi tegas dari Pemerintah untuk mereka yang bermain secara tidak sehat.

“Maka hari ini kami menantang dokter Richard Lee. Kami hanya meminta satu bukti yang nyata jika apa yang disampaikannya melalui podcast-nya itu benar. Tapi jika apa yang disampaikan adalah satu kesalahan maka tentunya kami meminta kepada KPPU untuk memanggil dokter Richard Lee atas apa yang sudah disampaikannya itu,” lanjut Ryan dalam orasinya selama hampir satu jam itu. 

Sekelompok masyarakat dari Barak Nusantara ini dalam orasi mereka berikutnya juga mempertanyakan riset apa yang dilakukan Richard Lee terkait tuduhannya melalui podcast yang disampaikan baru-baru ini. Menurutnya, Kementerian Kesehatan yang mempunyai hak prerogatiflah  yang seharusnya lebih berhak untuk mengangkat masalah ini. 

“Menurut yang saya baca dari media, Menteri Kesehatan saja sudah mengatakan isu galon guna ulang berbahaya ini hoax. Tapi, kok dokter Richard yang seharusnya tunduk kepada Menteri Kesehatan sangat berani mengatakan bahwa galon guna ulang berbahaya. Apalagi dia itu bidangnya kecantikan dan tidak terkait sama sekali dengan masalah makanan dan minuman,” ucapnya dalam orasinya.  

“Ini sangat lucu, seorang influencer besar menjadi provokator yang diduga dibayar untuk memperkeruh persaingan dagang antara industri AMDK,” lanjutnya.

Menurut Ryan, semua produk air kemasan galon  yang beredar di pasar sudah memiliki izin edar BPOM dan bersertifikat SNI guna menjaga kualitas dan keamanan AMDK-nya. 

“Jadi, melakukan provokasi negatif terhadap salah satu jenis kemasan merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab” ucapnya.

dr Richard Lee

Photo :
  • Instagram @dr.richard_lee

Sebelum membubarkan aksinya, Ryan mewakili kelompok masyarakat Barak Nusantara membacakan 4 tuntutan mereka. Pertama, mendesak KPPU dan Pemerintah untuk segera panggil dan periksa dr. Richard Lee dan juga produsen yang diduga meng-endorse dr. Richard Lee karena telah membuat narasi yang tidak sehat mendiskreditkan produk pesaing.

Kedua, mendesak dr. Richard Lee untuk transparan menyebutkan siapa sponsor di balik podcast dan posting negatif tentang galon polikarbonat. Ketiga, meminta Richard Lee untuk tidak menjadi provokator hanya demi uang dan berbicara di luar bidang kompetensinya demi menjatuhkan produk lain.

Keempat, segel dan cabut izin Klinik Kecantikan Athena karena klinik ini milik influencer Richard Lee yang mendukung dan menciptakan persaingan bisnis yang tidak sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya