Prof Eddy Sebut Ada 950 Mg Natrium Sianida di Tubuh Mirna, Otto Hasibuan Angkat Bicara

Wayan Mirna Salihin
Sumber :
  • Facebook

JAKARTA –Kasus kematian Wayan Mirna Salihin akibat sianida di tahun 2016 lalu kembali menjadi sorotan publik. Ahli forensik, patologi dan DNA, dr. Djaja Surya Atmadja menyebut bahwa sianida yang ada di tubuh Mirna 0,2 mg.

Yusril, Otto hingga Hotman Paris Temui Prabowo Subianto, Lapor Hasil Sengketa Pilpres 2024

Dr. Djaja sendiri mengungkap bahwa 0,2 mg sianida yang ditemukan di tubuh Mirna itu tidak cukup untuk membunuhnya. Selain itu, kemungkinan 0,2 mg sianida yang ditemukan di tubuh Mirna berasal akibat pembusukan.

Namun di satu sisi, Prof. Eddy Hiariej sempat membantah pernyataan Dr. Djaja. Melalui podcast Denny Sumargo, Wakil Menteri Hukum dan HAM itu menyebut bahwa bukan hanya 0,2 mg sianida saja yang ditemukan di tubuh Mirna. Ternyata kata dia, ditemukan 950 mg per liter natrium di tubuh Mirna.

Sekjen PDIP Koreksi Otto Hasibuan soal Permohonan Megawati sebagai Amicus Curiae di MK

"Diambil sampelnya dari lambung, dari empedu, dari hati kemudian diuji di laboratorium forensik. Lalu yang membacakan hasil uji laboratorium forensik itu profesor Budi Sampoerna. Ditemukan natrium sianida, NaCN itu dalam satu rangkaian senyawa. 0,2 sianida mg per liter tetapi juga ada 950 mg natrium per liter," kata dia.

Otto Hasibuan soal MK Panggil 4 Menteri Jokowi: Kami Fine-fine Saja

Ramainya penuturan Prof. Eddy ini sempat dipertanyakan oleh netizen. Hal ini akhirnya membuat kuasa hukum Jessica Wongso, Otto Hasibuan angkat bicara. Dalam podcastnya bersama dr. Richard Lee, Otto menjelaskan berdasarkan hasil pemeriksaan bahwa yang ditemui positif 900mg per liter adalah natrium bukan natrium sianida. Richard Lee juga mengungkap bahwa natrium adalah hal yanng wajar dalam tubuh dan tidak berbahaya. 

"Setahu saya natrium itu adalah garam," kata dr. Richard Lee.

"Jadi orang itu di podcast di Kejaksaan kemarin itu, yang di podcast Densu itu dia bilang bahwa jangan hanya liat 0,2 liat juga 950mg natrium. Tapi dia twist natrium sianida. Padahal datanya ini adalah natrium," kata Otto Hasibuan melansir tayangan YouTube dr. Richard Lee.

"Karena yang membunuh setahu saya adalah CN negatif sianidanya," sahut dr. Richard Lee.

"Dia twist bilang natrium sianida 950mg, kalau enggak salah ya saya," sambung Otto Hasibuan.

Ramainya tentang 950mg natrium sianida yang disebut oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM itu sempat membuat Richard Lee penasaran. Dia bahkan langsung menelfon dr. Djaja untuk meminta penjelasan.

"Setelah saya baca ini, jadi saya lenbih komplit. Karena saya enggak begitu jelas apa yang dimaksud dengan 950 dan saya sampai telfon dokter Djaja malam harinya. 'dokter Djaja apa sih itu 950'," kata Richard Lee.

Diungkap Ricahard Lee, dr. Djaja menjelaskan bahwa 950mg itu adalah natrium. Sementara natrium sendiri adalah hal yang wajar ada di dalam tubuh seseorang.

"'(dr. Djaja) oh itu natria dan natriumm itu hal yang wajar dalam tubuh kita' itu dia berbicara. Ya saya bilang kalau natrium doang ya hal yang wajar saya bilang. Karena NA positif kalau bertemu dengan cairan lambung kalau enggak salah akan menjadi NaOH (natrium hidroksida)," jelas Richard Lee.

Sementara itu, Otto Hasibuan juga sempat memperlihatkan hasil pemeriksaan dalam laporan BAP yang mengungkap bahwa hasil pemeriksaan pada sampel tubuh Mirna negatif sianida.

"Jadi barang bukti nomor 4 itu diambil pada waktu itu 70 menit setelah dia meninggal dimasukkan dalam pipet itu,  itulah yang dikirim ke Lapfor Polri dan hasilnya negatif," jelas Otto Hasibuan.

Selain itu, dari hasil pemeriksaan urine juga menjelaskan negatif sianida. Kemudian dari barang bukti kelima yakni toples cairan lambung Mirna yang dimasukkan ke sebuah toples yang diambil pada hari ketiga setelah Mirna meninggal memang ditemukan 0,2mg per liter sianida dan positif ion natrium 900 mg per liter. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya