Habib Jafar Ucapkan Selamat Natal ke Onad, Langsung Dihujat Warganet

Onad dan Habib Jafar
Sumber :
  • Tangkapan layar

Jakarta – Nama Habib Jafar belakangan ini menjadi perbincangan hangat di media sosial hingga menuai kritikan pedas dari warganet. Hal ini terjadi setelah dia mengucapkan selamat Natal kepada salah seorang sahabatnya, yaitu Onadio Leonardo pada 25 Desember 2023 lalu. 

Di Luar Singa di Rumah Kayak Kucing, Begini Momen Onadio Leonardo Manja-manja ke Istri

Ucapan yang dilontarkan Habib Jafar tersebut diketahui setelah musisi sekaligus presenter berusia 33 tahun tersebut mengunggahnya di Instagram. Pada awalnya, Onad tampak mengunggah momen ibadah Natal bersama sang istri, anak, dan keluarga besarnya. 

“Selamat hari raya Natal, saudara dan saudariku tercinta,” ujarnya sebagai caption unggahan tersebut. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Onad dan Habib Jafar

Photo :
  • Tangkapan layar

Namun, warganet justru gagal fokus dengan slide terakhir di unggahan Onadio Leonardo tersebut. Bapak satu anak itu tampak membagikan tangkapan layar yang berisi pesan yang didapatkan dari pendakwah kondang Habib Jafar bin Husein.

Terpopuler: Pendakwah yang Diduga Terlibat Kasus Korupsi sampai Chicco Jerikho Sakit Sepsis

Dalam pesan tersebut, Habib Jafar tampak mengucapkan selamat Natal kepada Onad, mengingat sahabatnya itu merayakan Natal pada 25 Desember 2023 kemarin. Ia juga tak lupa menyampaikan bahwa pesan tersebut berasal dari dirinya. 

“Selamat Natal, Onad. Semoga bahagia dan damai senantiasa bersama kita. Saudaramu, Husein Ja’far Al Hadar,” bunyi pesan WhatsApp sang habib yang dibalas Onad dengan memberikan emoji hati.

Namun, unggahan tersebut kemudian ramai menuai kritik dari warganet yang ditujukan kepada Habib Jafar. Mereka mempertanyakan alasan Habib Jafar mengucapkan Selamat Natal kepada Onad, padahal dia adalah seorang pendakwah terkenal di Indonesia. 

“Hah? Enggak salah Bib, ngucapin Natal?” ungkap salah seorang warganet. 

“Emang boleh seorang habib mengucapkan selamat Natal?” sahut yang lain. 

Habib Jafar dan Onad

Photo :
  • YouTube

Kemudian, ada juga sejumlah warganet yang menilai bahwa ucapan selamat Natal dari Habib Jafar tersebut adalah sebuah bentuk toleransi yang kebablasan. “Toleransi kebablasan! Husein Ja'far bukanlah wajah muslim yang perlu diikuti,” timpal yang lain. 

Walaupun demikian, ada pula warganet yang mendukung apa yang sudah dilakukan oleh Habib Jafar terhadap Onadio Leonardo. Mereka mengatakan bahwa mengucapkan selamat Natal itu boleh-boleh saja bergantung pada tujuannya. 

“Orang yang berilmu dan paham agama pasti tetap mengucapkan selamat Natal kepada rekan, kerabat, atau seseorang yang sudah dianggap saudara meski berbeda agama,” kata warganet. 

“Ingat ya kawan, bagi sebagian ulama memberi ucapan selamat hari raya kepada non muslim itu dibolehkan, tergantung anutan masing-masing dan tujuannya hanya untuk toleransi. Jadi, Islam itu indah kawan. Penuh kedamaian dan toleransi,” ungkap yang lain, 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya