Pangeran Mateen Menikah dengan Rakyat Biasa, Upacara Pernikahan Digelar Selama 10 Hari

Pangeran Abdul Mateen dan kekasih.
Sumber :
  • Town and Country.

Brunei Darussalam – Negara kecil di Asia Tenggara, Brunei, selama beberapa tahun telah menjadi rumah bagi salah satu bangsawan paling memukau di dunia dan salah satu paling diidam-idamkan di Asia, Pangeran Abdul Mateen. Ia bahkan masih sering digambarkan sebagai orang yang seksi.

4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Suci Winata Masih Setia

Pilot helikopter terlatih berusia 32 tahun dan mayor di Angkatan Udara Kerajaan Brunei itu menikah dengan tunangannya yang bukan dari kerajaan, Anisha Rosnah Isa Kalebic. Pernikahan mereka digelar selama 10 hari dengan sebagian tradisional. 

Pesta pernikahan keduanya dilaksanakan mulai pada 7 Januari dan akan berakhir pada 16 Januari mendatang.  Upacara pengesahan pernikahan sebelum hari perayaan berikutnya berlangsung pada Kamis, 11 Januari, di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien. 

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto

Prosesi jelang pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah

Photo :
  • Instagram @rudolfportillo

Hanya tamu laki-laki, kebanyakan menteri dan pejabat pemerintah, bahkan tidak termasuk pengantin wanita, yang diizinkan menghadiri upacara di masjid. Pangeran Mateen adalah putra Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, salah satu bangsawan terkaya di dunia. 

Catat! Inilah 5 Bulan Terbaik untuk Menikah Menurut Islam

Perkiraan harta kekayaan bersih hampir US$28 miliar setara Rp435 Triliun dibuktikan dengan beberapa jet miliknya, ratusan Rolls Royce dan Ferrari, serta sebuah istana dengan 1.700 kamar. Pangeran Mateen adalah putra keempat dan anak ke-10 Sultan.

Sedangkan Anisha Rosnah adalah cucu dari salah satu penasihat khusus Sultan, Pehin Dato Isa, ketua pendiri Royal Brunei Airlines. Laporan media mengatakan Anisha Rosnah menjalankan merek fesyen bernama Silk Collective dan memiliki perusahaan pariwisata.

Prosesi jelang pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah

Photo :
  • Instagram @royal_lovelysdays

Pertunangan keduanya diumumkan pada Oktober 2023, namun mereka diyakini telah berpacaran selama bertahun-tahun. Pasangan itu terlihat bersama di upacara pernikahan saudara perempuan Mateen, Putri Azemah Ni'matul Bolkiah pada tahun 2023 dan Putri Fadzilah pada tahun 2022.

Upacara pernikahan kerajaan Brunei sebelumnya juga berlangsung beberapa hari, mengingat banyaknya acara yang terlibat. Media lokal The Scoop melaporkan bahwa jadwal tersebut dimulai dengan lamaran kerajaan pada 7 Januari. 

Puncak dari perayaan ini adalah resepsi, yang berlangsung di istana kesultanan Istana Nurul Iman pada 14 Januari dan akan dihadiri oleh para tamu undangan yang berasal dari selebriti dan tamu terkemuka. Rincian daftar tamu internasional siapa-siapa belum dipublikasikan.

Pangeran Abdul Mateen dan kekasih.

Photo :
  • Town and Country.

Namun kemungkinan besar akan mencakup tamu-tamu dari keluarga kerajaan Inggris. Sebab, Mateen dan ayahnya terlihat di penobatan Raja Charles dan pemakaman Ratu Elizabeth II, dan Sultan juga menghadiri upacara penobatan Pangeran Charles. 

Usai resepsi, pasangan pengantin baru kerajaan Brunei ini kemudian akan melakukan prosesi melalui jalan-jalan ibu kota, Bandar Seri Bagawan, dalam parade akbar. Untuk mengakhiri perayaan tersebut, jamuan makan kerajaan akan diadakan pada 15 Januari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya