Kartika Putri Ungkap Kronologi Penyakit Kulit yang Diidap, Awalnya Benjolan Air di Dahi dan Bibir

Kartika Putri.
Sumber :
  • Instagram @kartikaputriworld

VIVA Showbiz – Kartika Putri beberapa waktu belakangan ini sedang mengalami kejadian yang tak menyenangkan terkait kondisi kesehatannya. Istri Habib Usman itu mendadak alami ruam di bagian wajah hingga ke dalam mulutnya. Ruam tersebut diperparah dengan luka-luka yang melepuh dan nampak seperti luka bakar.

Bukan Foya-Foya, Kartika Putri Ngaku Tas Branded Adalah Hadiah dari Habib Usman

Ternyata, ini berkaitan dengan penyakit autoimun yang sudah 5 tahun diderita oleh Kartika Putri. Di luar sana, juga ada banyak orang dengan penyakit yang sama dengan Kartika Putri yang akhirnya ikut curhat pada dirinya. Scroll untuk tahu cerita lengkapnya, yuk!

Kartika Putri pun mengungkapkan kronologi bagaimana awalnya ia mendapati banyak luka di bagian wajah dan mulutnya itu.

Klarifikasi Koleksi Tas Mewahnya, Netizen Singgung Kartika Putri Mirip Sandra Dewi

"Pertama aku ngerasa ada yang beda di lidah aku, pinggir bibir, dan jidat aku benjolan air bening yang tipis banget di kulit bagian luar aku dan rasanya agak lumayan gatal," ungkap Kartika Putri, di Instagram Story, dikutip Senin 26 Februari 2024.

"Awalnya cuma melinting kayak ada air bening gitu kayak habis luka bakar," tambahnya.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Kartika Putri

Photo :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar

Kartika Putri juga mengunggah sejumlah foto kondisi awal muncul ruam dan benjolan di kulit wajahnya. Nampak ada benjolan berisi air di bagian bibir dan dahi sang artis. Lalu di bagian lidah, terdapat bintik-bintik kecil kemerahan yang merupakan ruam.

"Aku langsung sadar ada sesuatu yang nggak beres nih. Aku ingat-ingat habis makan apa dan minum apa. Seketika langsung ingat habis minum pain killer," kata Kartika Putri.

Beruntung ia langsung tahu apa penyebab kelainan pada kulitnya itu muncul dan langsung mencari pertolongan pertama. Kartika Putri seketika itu langsung berkonsultasi dengan dokter langganannya sebelum meminum obat untuk meredakan masalah kulitnya.

"Penanganan pertama aku minum obat yang mengandung Dexamethasone 0,5 mg dan cream mometasone cream," ujarnya.

Setelah dibantu dengan obat, beberapa benjolan air yang ada di dahi dan bibir akhirnya pecah. Tetapi benjolan yang pecah itu justru meninggalkan bekas luka yang menimbulkan rasa perih. Bekas luka itu juga menjadi sarana kuman yang membuatnya semakin parah.

"Akhirnya aku coba ikhtiar untuk suntik kortikosteroid," ujar Kartika Putri.

Setelah beberapa hari usahanya tak kunjung membuahkan hasil, Kartika Putri memutuskan untuk langsung berobat ke dokter kepercayaannya di Singapura. Kini, kondisinya pun mulai membaik setelah dilakukan pengecekan kesehatan secara menyeluruh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya