Mengenal Alfa Bintang, Sang Maestro Punya Warna Tersendiri di Industri Musik

Musisi orkestra, Alfa Bintang.
Sumber :
  • Dok Alfa Bintang.

VIVA Showbiz – Musisi muda berbakat, Alfa Bintang, memiliki warna tersendiri di industri musik Tanah Air. Kecintaannya pada musik, membawa sang maestro muda ini bermimpi untuk berkontribusi di industri musik dengan 'warna' orkestra.

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Kini bersama grup bentukannya, Alfa Bintang Orchestra namanya kian mendayu merdu, memanjakan telinga para penikmatnya. Yuk, scroll untuk mengenal sosok Alfa Bintang. 

"Orkestra adalah wadah untuk menempatkan nada-nada menjadi sangat indah dan bernyawa. Sejak awal belajar, tertarik banget dengan pelajaran orkestra," jelas pria asal Semarang itu dalam keterangannya, dikutip Minggu 21 Mei 2023. 

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Melalui Alfa Bintang Orchestra sederet karya telah ditorehkan, bahkan kerap berkolaborasi dengan musisi papan atas Indonesia.

Konser Band All Time Low Siap Digelar, Supermusic Janjikan Hal Ini

"Saya pernah mengiringi Andien dan Endah Laras. Seneng banget pastinya, bisa berkolaborasi dengan para musisi hebat itu. Andien dan Endah Laras  itu sangat humble, komunikasi mengenai lagu juga sangat nyaman. Dan kebetulan lagu-lagu dari mereka sangat cocok untuk diberi nuansa Orkestra," ucapnya.

Lebih lanjut, Alfa menceritakan bakal kembali mengiringi dan bahkan kolaborasi dengan musisi papan atas lainnya.

“Saya selalu ingin bisa kembali berkolaborasi dengan artis lain. Pernah juga konser dengan Tyok Satrio. Dan sebenarnya sudah ada yang tanya-tanya juga dari beberapa artis, kalau mereka mau bikin konser tunggal dengan diiringi orkestra dari kami. Tapi siapa musisinya masih kita rahasiakan, tapi ini bakal jadi sangat menarik," ungkapnya. 

Tidak hanya kolaborasi, namun kelompok orkestra terbaik di Semarang ini juga telah menelurkan berbagai karya menarik, yang sangat memorable.

Alfa Bintang Orchestra sebagai catatan pernah mengaransemen lagu Medley Bendera (bendera merah putih, berkibarlah bendera, berkibarlah bendera negeriku). Lalu dipercaya juga untuk membuatkan lagu theme song untuk Radjawali Semarang Cultural Center. 

"Di sini saya membuat musiknya penuh sekali dengan berbagai tema, mulai dari nuansa dramatic, orkestra, EDM hingga ke etnik dan lain sebagainya," jelasnya. 

Bahkan yang menjadi menarik, Alfa memasukkan bahasa daerah mulai dari Bali, Sulawesi dan Kalimantan, yang dilantunkan dengan cara sinden Jawa dan diiringi dengan musik kecak Bali. 

"Ini kita lakukan dengan harapan dapat menggambarkan betapa kayanya kebudayaan yang kita miliki," cerita Alfa.

Tak hanya itu, Alfa Bintang Orchestra juga sukses menggarap lagu daerah yang diberi judul Harmoni Nusantarku. Beberapa lagu daerah di sini dijadikan medley, dari Ayam dan Lapeh, ondel-ondel, ayo mama, bolelebo hingga Yamko rambe yamko.

"Semoga Alfa Bintang Orchestra makin banyak dikenal, makin mengudara, dan semoga bisa memberikan yang terbaik di manapun kaki ini berdiri dan melangkah. Semoga kota Semarang, bisa meningkatkan kualitas musik orkestranya," tutup Alfa.

Profil Alfa Bintang
Alfa Bintang, merupakan sosok musisi muda berbakat asli Kota Semarang yang lahir pada 27 Februari 2000. Kecintaannya pada musik sudah tertanam dari kecil oleh sang ayah. Alfa Bintang mengambil pendidikan musik formal pada 2014 di Sekolah Menengah Musik Yogyakarta.

Di usianya yang ke-17, ia pernah tampil bersama orkestra pada acara Peringatan Hari Proklamasi Indonesia di Istana Negara, dan juga berlanjut pada tahun 2019 dan 2020.

Ia juga beberapa kali mendapat kepercayaan untuk menjadi Arranger Orchestra pada beberapa konser ibukota. Kini, Alfa Bintang aktif sebagai pengajar musik, pembicara, produser musik industri hingga produksi musik orkestra.

Kecintaannya pada musik orkestra, membawa sang maestro muda dari Kota Semarang ini bermimpi untuk bisa terbang tinggi bersama Alfa Bintang Orchestra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya