Comeback dengan EP Jepang Night&Day, Penyanyi Alan Berguru pada 2 Sosok Legendaris

Penyanyi Alan.
Sumber :
  • Dok. Alan

VIVA Showbiz – Penyanyi Alan kembali dengan kejutan musik baru dalam EP Jepang Night&Day, dengan perilisan video musik "Shen Ai" secara bersamaan, membuat para penggemar musik yang sudah lama menantikan menjadi terkejut. Alan telah fokus pada musik dalam beberapa tahun terakhir, setelah menandatangani kontrak dengan label lamanya, Avex, ia semakin sering menghasilkan karya-karya cemerlang.

Bandara Kansai Berhasil Cetak Rekor 30 Tahun Tanpa Kasus Kehilangan Bagasi

Setelah satu tahun kerja keras, lagu-lagu Jepang khas Alan akhirnya bisa dinikmati oleh para penggemar, dengan EP baru ini khusus menghadirkan dua lagu emas, "Shen Ai" dan "Man Tian Ji Yuan", yang diproduseri oleh dua produser berat Avex, Shinjiro Inoue dan Yoshihisa Tokuda. Scroll untuk info selengkapnya, yuk!

"Night&Day secara langsung adalah perwujudan perjuangan hidup saya, bekerja keras siang dan malam, mengikuti hati nurani untuk terus maju, sekaligus sebagai pendorong. Saya berharap kapan pun dan di mana pun, kita memiliki keberanian untuk mengejar apa yang kita cintai," kata Alan, dalam keterangannya, dikutip Sabtu 2 Maret 2024. 

SYL Juga Bayar Biduan Pakai Hasil Uang Korupsi Kementan, Saksi: Rp100 Juta Sekali Transfer

Alan meraih Penghargaan Perak dalam Shanghai Asian Music Festival ke-9 pada tahun 2006, dan berhasil menonjol dalam kompetisi pencarian bakat Avex di seluruh Asia, sehingga mendapatkan kesempatan untuk berkembang di Jepang. 

Potret Mesra Pernikahan Virzha dan Sausan Sabrina, Ijab Kabul Pakai Bahasa Arab

Perusahaan mengirimkan produser terkenal seperti Koji Kikkawa, yang telah bekerja dengan artis ternama seperti Ayumi Hamasaki, Koda Kumi, dan band Koshien, untuk menciptakan albumnya, yang meraih kesuksesan luar biasa.

Singel kesembilan pribadinya, "Yong Jiu De He", berhasil meraih peringkat ketiga dalam tangga lagu Oricon Jepang, menjadikannya sebagai penyanyi berbahasa Tionghoa dengan peringkat tertinggi dalam tangga lagu Oricon Jepang, sebuah prestasi yang luar biasa! Alan juga menyanyikan lagu tema versi Tionghoa dan Jepang untuk film "Chi Bi" yang disutradarai oleh John Woo, yang berlatar belakang sejarah Tiga Kerajaan, membawa kariernya ke puncak.

Tentang kesempatan merilis karya baru, Alan mengatakan bahwa pada 2022, untuk merayakan 15 tahun debutnya, ia merilis album kompilasi vinyl, yang memicu keinginannya untuk merilis lagu baru dalam bahasa Jepang.

"Karena beberapa faktor lingkungan dan jadwal kerja, ide ini sempat terhenti, namun akhirnya dengan dukungan dari perusahaan, persiapan mulai berjalan lancar, dan akhirnya lahir EP Jepang baru ini, Night&Day," ujarnya.

Dengan bekerja sama dengan dua guru terkenal seperti Shinjiro Inoue dan Yoshihisa Tokuda, Alan merasa beruntung. Ketika ditanya tentang pengalaman bekerja dengan kedua guru tersebut, Alan mengatakan bahwa keduanya adalah musisi terkenal.

"Saya merasa sangat terhormat bisa mendapat dukungan dari kedua maestro ini untuk EP Jepang ini. Tidak bisa dipungkiri, saya sudah mengenal Yoshikazu Tokuda sejak kami bekerja sama dalam lagu tema 'Chi Bi' pada tahun 2008, dan tidak pernah terbayangkan bahwa kami akan bekerja sama lagi setelah lebih dari sepuluh tahun, ketika bertemu lagi, saya merasa seperti mewujudkan mimpi," kata Alan.

Alan mengatakan bahwa momen paling berkesan saat proses rekaman adalah ketika mendapat pujian dari Tokuda.

"Ketika beliau mengatakan, 'Saya merasa seperti mendengarkan Alan yang baru,' hati saya berdebar, sudah lama sekali saya tidak merasakan panduan dan apresiasi seperti ini dari seorang mentor, di hadapan senior, saya merasa seperti saya yang baru debut sepuluh tahun yang lalu," ungkap Alan.

Selain itu, lirik dari dua lagu yang terdapat dalam EP ini sangat bermakna, Alan telah melakukan persiapan yang matang untuk meresapi makna lirik tersebut, dan dengan setiap percobaan bernyanyi, ia perlahan-lahan memahami lirik tersebut. 

"Saya juga melakukan persiapan mental, membawa diri saya ke dalam cerita lagu, agar bisa menyatu dengan EP ini," katanya.

Dengan merilis EP baru ini, Alan berharap dapat menunjukkan sisi lain dari dirinya melalui ekspresi bahasa, dan juga berharap dapat memberikan kontribusi kecil dalam pertukaran budaya antara Tiongkok dan Jepang. Alan berbagi bahwa fokus kerjanya belakangan ini lebih di daratan Tiongkok, ia juga menyebutkan bahwa ia lebih sering menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga, dan juga menyukai perjalanan, merasakan keindahan alam.

EP Jepang baru Alan, Night&Day, membawa pemikiran manusia yang berbeda dari sebelumnya, dengan dua lagu Jepang, "Shen Ai" dan "Man Tian Ji Yuan", menampilkan kemampuan vokal Alan yang luar biasa, gaya bernyanyi khas Alan kembali, membawa nuansa yang mendalam, Alan kembali menghidupkan kembali imajinasi tak terbatas para penggemar terhadap penyanyi cantik ini di dunia musik pop.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya