Peringati Hari Musik Nasional, Konser sampai Apresiasi ke WR Soepratman Diadakan

Peringatan Hari Musik Nasional
Sumber :
  • ist

VIVA Showbiz – Kebangkitan semangat nasionalisme dalam dunia musik Indonesia, yang ditandai dengan dedikasi dalam menciptakan karya-karya musik yang mencerminkan tradisi, bahasa, dan karakteristik kebangsaan, menjadi perhatian utama dalam perayaan Hari Musik Nasional ke-21. Lagu Indonesia Raya, ciptaan WR Soepratman, menjadi simbol kebangsaan yang tak terpisahkan setelah dinyanyikan pada Kongres ke-2 Pemuda Indonesia pada 28 Oktober 1928.

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

Dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional, Dewan Pimpinan Pusat PAPPRI (Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia) bekerja sama dengan LPP Radio Republik Indonesia (RRI), didukung oleh Pertamina dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menggelar "KONSER MUSIK UNTUK SEMUA" pada Sabtu, 9 Maret 2024, pukul 14.00-17.30 WIB di Auditorium Abdulrachman Saleh RRI Jakarta. Scroll lebih lanjut ya.

Acara ini menjadi bentuk apresiasi terhadap jasa WR Soepratman yang telah menciptakan lagu kebangsaan Indonesia, menjadikan musik sebagai identitas kolektif, dan merayakan Hari Musik Nasional setiap 9 Maret sebagai hari lahirnya WR Soepratman.

Konser Band All Time Low Siap Digelar, Supermusic Janjikan Hal Ini

Sebagai rangkaian acara sebelum konser, pada Selasa, 5 Maret 2024, di Auditorium Yusuf Ronodipuro RRI, diselenggarakan Talkshow yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Pertamina. Talkshow mengangkat tema "Direct Licensing: Manfaat dan Mudharat" dengan narasumber terkemuka seperti Candra Darusman, Dr Mohammad Amin, Prof Dr Agus Sardjono, Sahat M Sidabukke SH, Satriyo Yudi Wahono (Piyu), dan Dharma Oratmangun, serta "Roadmap Musik Indonesia: Peluang Ekspor Musik" dengan narasumber Jinan Laetittia, Dino Hamid, Kadri Mohamad, dan Dwiki Dharmawan.

Foto Kencan Beredar, Bright Vachirawit dan Nene Pornnapan Santer Digosipin Pacaran

Tony Wenas, Ketua Umum PAPPRI, menyatakan bahwa peran PAPPRI sebagai wadah para seniman tanah air sangat penting dalam meningkatkan ekosistem musik di Indonesia. Dalam menghadapi tantangan dan dinamika, peringatan Hari Musik Nasional bukan hanya sebagai perayaan, tetapi juga momentum untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik sebagai elemen penggerak semangat kebangsaan.

Sebanyak puluhan penyanyi dan musisi lintas genre dan generasi akan tampil dalam konser, mencakup beragam jenis musik seperti pop, jazz, rock, musik nusantara, musik berbahasa daerah, hingga dangdut. Konser tersebut akan disiarkan secara langsung oleh Pro 1 RRI dan di-live streaming oleh RRI Net.

Ilustrasi Musik

Photo :
  • pixabay

Dalam pandangan Tony Wenas, Musik memiliki peran strategis dalam pembangunan dan dapat menjadi perekat yang kuat untuk kesatuan dan persatuan bangsa. Hal ini sejalan dengan sejarah lahirnya Hari Musik Nasional pada tahun 2013 melalui Keppres No.10 Tahun 2013, di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Ada puluhan penyanyi dan musisi lintas genre dan lintas generasi yang akan akan berkolaborasi menampilkan musik pop, jazz, rock, musik nusantara, musik berbahasa daerah, hingga dangdut. Semuanya mencerminkan tekad kita bersama, bahwa Musik Untuk Semua,” jelas Once Mekel, Ketua Bidang Program PAPPRI. 

Konser Hari Musik Nasional ke-21 tahun 2024 diharapkan menjadi tonggak penting dalam menunjukkan kekuatan dan soliditas peran para musisi Indonesia, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Sejumlah penyanyi dan grup musik ternama, seperti Once Mekel, Andy Rif, Kaka Slank, Saykoji, Che Cupumanik, hingga Yovie Widiyanto akan hadir untuk meriahkan acara tersebut.

Dalam suasana tahun politik, musik diharapkan dapat menjadi medium yang mampu menyatukan berbagai lapisan masyarakat melalui harmoni, ritme, dan melodi yang indah. Dengan demikian, peran dan posisi musik dalam gerakan kebangsaan Indonesia semakin ditekankan sebagai perekat kebersamaan dan kebanggaan bangsa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya