Logo BBC

Ganda Korut-Korsel Raih Medali Emas Pertama untuk Korea Bersatu

Jang dan Cha merayakan kemenangan mereka di turnamen Korea Terbuka - EPA
Jang dan Cha merayakan kemenangan mereka di turnamen Korea Terbuka - EPA
Sumber :
  • bbc

Pasangan ganda campuran tenis meja yang terdiri dari satu atlet Korea Utara dan satu atlet Korea Selatan menjadi tim `Korea Bersatu` pertama yang meraih medali emas selama hampir 30 tahun.

Jang Woo-jin dari Korsel serta Cha Hyo Sim dari Korut mengalahkan pasangan Cina 3-1 pada turnamen Korea Terbuka di Daejon.

Kemenangan mereka tercatat sebagai sejarah mengingat terakhir kalinya tim olah raga Korea Bersatu meraih gelar juara terjadi pada 1991 lalu, juga di cabang olahraga tenis meja.

"Sorakan dari penonton membuat saya merinding," kata Jang.

"Saya melihat Hyo Sim menangis saat upacara (pengalungan medali) dan itu membuat saya patah hati karena kami harus mengucapkan selamat tinggal dalam waktu dekat," imbuhnya.

Tim Korea Bersatu menurunkan empat pasang atlet pada Korea Terbuka. Selain ganda campuran Woo-jin dan Hyo Sim yang meraih medali emas, pasangan ganda putra merebut medali perunggu.

Berpadunya Korsel dan Korut di pentas olah raga merupakan yang kesekian kalinya terjadi tahun ini. Pada Februari lalu, kedua negara mengikuti upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin sebagai satu kontingen di belakang satu bendera.