Manajer Jeka Saragih Bongkar Cara Jitu Dapatkan Kontrak UFC

Graham Boylan, pemilik Cage Warriors
Sumber :
  • VIVA / Robbi Yanto

VIVA Sport – Graham Boylan, pemilik Cage Warriors merupakan sosok di balik keberhasilan Jeka Saragih mendapatkan kontrak dari UFC.

Usai Jeka Saragih Guncang UFC, Eperaim Ginting Hadapi Petarung Irlandia di Cage Warriors

Dia merupakan manajer Jeka saat berhasil menandatangani kontrak lima pertandingan bersama kompetisi MMA terbesar di dunia tersebut.

Graham Boylan juga bukan sosok baru di dunia MMA. Pria asal Irlandia itu telah mengorbitkan sejumlah nama petarung-petarung hebat seperti Conor McGregor, Michael Bisping, Paddy Pimblett, hingga Martin Kampmann.

Anak Sumut Harus Prestasi di Panggung Internasional, Ijeck: Lihat Jeka Saragih


Boylan memberitahu kunci sukses menembus arena UFC. Selain kemenangan mutlak, ada sejumlah faktor non teknis lainnya yang dianggap penting untuk bisa mentas di UFC. 

"Kami butuh finisher. Kami butuh petarung yang mampu mengakhiri laga. Saat berada di duel besar, dibutuhkan tak hanya sekedar rekor kemenangan saja, tapi rekor mengakhiri pertandingan bukan lewat kemenangan saja,” kata Boylan di L’Auberge, San Diego, Amerika Serikat, Jumat 13 April 2023

Terpopuler: Jeka Saragih Dihina Bangsa Sendiri, Nasib Tragis Timnas Brasil


Di luar itu, Boylan juga melihat UFC tertarik kepada pemain yang mudah ditandai. Untuk itu, petarung sebaiknya perlu menguasai cara berbicara di hadapan media dan kemampuan berkomunikasi dengan fans. 

“Masih banyak bagian yang menentukan di mana level mereka berada. Dan saat situasi itu semua sudah bisa dicapai, mereka akan dikontrak,” bebernya.

Boylan bersama Mola saat ini tengah menggarap proyek MMA Fighting Academy (Akademi MMA) yang saat ini diikuti 24 nama, termasuk sembilan petarung asal Indonesia

VIVA bersama dua jurnalis dari Indonesia berkesempatan untuk melihat langsung latihan yang dijalani para pertarung tersebut di lokasi latihan mereka di San Diageo, California, AS. 

Pada kesempatan ini, para jurnalis akan mendapat kesempatan melihat langsung kerasnya latihan yang dijalani para atlet dan fasilitas-fasiltas pendukung, serta sejumlah sesi sparring partner

Di sana mereka digembleng oleh dua pelatih ternama Mark Fiore dan Jake Buracker menjalani pemusatan latihan usai menjalani audisi ketat di Bali dan London.  

Sembilan petarung asal Indonesia yang tersisa di akademi ini sudah mendapat jadwal bertanding pada Mei dan Juni. 

Lima di antaranya bahkan berkesempatan tampil di ajang Road to UFC seperti yang pernah dilalui Jeka.  Sedangkan empat lainnya akan meramaikan pertandingan Cage Warriors di Italia dan San Diego.

”Sejauh ini, perkembangan mereka sesuai dengan yang diharapkan," ucapnya.

"Saat ini kami masih merancang game plan untuk mereka dan mendapatkan pertandingan sebelum mereka meninggalkan camp ini ke depannya dan membuat mereka menjadi petarung hebat dan menerima bayaran dari apa yang mereka perjuangkan selama ini,” ujarnya, menambahkan.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya