Ketika Petinju Raksasa Kabur karena Diamuk Mike Tyson

Mike Tyson saat mengalahkan Andrew Golota pada 2000 silam.
Sumber :
  • boxing.com

VIVA – Mike Tyson menjalani salah satu pertarungan paling aneh dalam karirnya melawan petinju kelas berat berpostur tinggi asal Polandia Andrew Golota pada tahun 2000.

Jadwal Pertarungan Ulang Tyson Fury Vs Oleksandr Usyk

Sebelum pertarungan, 'Iron Mike' telah memenangkan tiga pertarungan comebacknya setelah kembali dari larangan 15 bulan karena menggigit telinga Evander Holyfield.

Dia mengalahkan Francois Botha, Julius Francis dan Lou Savarese, meskipun pertarungannya melawan Orlin Norris dinyatakan tidak ada kontes setelah petarung kelahiran Texas itu tidak dapat melanjutkan pertandingan karena cedera.

Ketika Daud Yordan Bertemu Pendukung Prabowo Jelang 'Pertarungan' di Senayan

Pada bulan Oktober 2000, Tyson akan melakukan perjalanan ke The Palace, Michigan untuk menghadapi Golota, yang memiliki rekor profesional 36-4 dalam pertarungan tersebut.

Iron Mike mendominasi ronde pembuka, dan menjatuhkan Golota dengan hook kanan khasnya pada ronde pertama. Petarung Polandia itu bangkit dan kembali ke sudutnya, namun terdengar teriakan: "Hentikan pertarungan!"

Pria Ini Curi Puluhan Mobil Jeep, Kerugian Capai Rp16 Miliar

Namun pertarungan berlanjut hingga ronde kedua yang berhasil diselesaikan Golota. Ronde ketiga tidak pernah dimulai karena mantan peraih medali perunggu Olimpiade itu menolak untuk melanjutkan. pertandingan

Ada adegan buruk saat Golota kabur meninggalkan ring dan para penggemar  marah melemparkan berbagai benda ke arahnya.

Pelatihnya, Al Certo, kemudian meminta maaf atas apa yang dilakukan petarungnya. Namun, dia menyebut hal itu harus dilakukan karena Golota mengalami cedera yang serius.

Dia mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Saya membuat beberapa komentar yang mengkritik petarung saya, Andrew Golota, atas keputusannya untuk tidak menjawab bel ronde ketiga.

"Pada saat penghentian, saya tidak menyadari betapa cederanya petarung saya."

Golota menderita sejumlah cedera serius selama pertarungan - yaitu gegar otak, patah tulang pipi kiri, dan herniasi diskus.

Petinju Polandia itu kembali ke tinju profesional, tetapi mengambil istirahat panjang dari olahraga tersebut setelah pertarungan Tyson dan tidak kembali ke ring hingga Agustus 2003 - hampir tiga tahun kemudian.

Sementara itu, Tyson dinyatakan positif menggunakan ganja dan akibatnya kemenangannya atas Golota dibatalkan menjadi no-contest.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya