Termasuk Jonatan Christie, Ini 6 Tunggal Putra Asal Indonesia yang Pernah Juara All England

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie
Sumber :
  • AP Photo/Rui Vieira

Jakarta - Selain Jonatan Christie, ada beberapa pebulutangkis asal Indonesia yang meraih All England. Malah di antara mereka ada yang meraih trofi tersebut paling banyak.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Jonatan Christie keluar sebagai juara All England 2024 setelah menumbangkan rekan senegaranya yaitu Anthony Ginting. Berikut beberapa tunggal putra asal Indonesia yang menjadi juara All England, dilansir berbagai sumber:

1. Rudy Hartono

Jadwal dan Siaran Langsung Tim Bulutangkis Indonesia di Piala Thomas dan Uber 2024

Maestro bulutangkis Indonesia, Rudy Hartono.

Photo :
  • http://www.andriewongso.com

Rudy Hartono merupakan legenda bulutangkis asal Indonesia. Pria kelahiran Surabaya itu berhasil meraih delapan kali juara All England pada tahun 1968, 1969, 1970, 1971, 1972, 1973, 1974 dan 1976. Selain menjadi orang kedua asal Indonesia yang meraih All England, pria yang kini berusia 74 tahun itu dinobatkan sebagai pemain bulutangkis terbaik sepanjang masa.

BNI Dukung Tim Thomas dan Uber Cup Indonesia

2. Liem Swie King

Liem Swie King

Photo :

Liem Swie King menjadi orang ketiga yang meraih trofi All England setelah Rudy Hartono memutuskan pensiun. Liem Swie King berhasil meraih kejuaraan tersebut sebanyak tiga kali yaitu pada tahun 1978, 1979 dan 1981. Selain itu juga, ia memiliki julukan King of Smash.

3. Joe Hok Tan

Tan Joe Hok alias Hendra Kertanegara

Photo :
  • Facebook Tan Tan Joe Hok.

Joe Hok Tan atau Hendra Kartanegara merupakan orang pertama asal Indonesia yang meraih trofi All England pada tahun 1959 setelah mengalahkan rekan senegaranya yaitu Ferry Sonneville. Selain itu juga, ia pernah meraih medali emas Asian Games pada tahun 1962.

4. Hariyanto Arbi

Legenda bulutangkis Indonesia, Hariyanto Arbi

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Hariyanto Arbi merupakan salah satu legenda bulutangkis asal Indonesia. Pria yang kini berusia 52 tahun itu berhasil meraih dua kali kejuaran All England pada tahun 1993 dan 1994. Setelah pensiun dari dunia bulutangkis, ia kini terjun ke dunia politik dan bergabung bersama Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

5. Ardy Bernardus Wiranata

Legenda Bulutangkis Indonesia, Ardy Bernardus Wiranata

Photo :
  • IG: badminton.ig

Ardy Bernardus Wiranata atau yang dikenal sebagai Ardy BW merupakan pemain bulutangkis asal Indonesia yang berhasil meraih tropi All England pada tahun 1991.

6. Jonatan Christie

Jonatan Christie Juara All England 2024

Photo :
  • AP Photo/Rui Vieira

Jonatan Christie baru saja meraih trofi All England 2024 setelah menumbangkan rekan senegaranya yaitu Anthony Ginting. Ini merupakan trofi perdananya bagi Jonatan Christie dalam keikutsertaan di turnamen bulutangkis tertua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya