Logo DW

Gangguan Mental Jadi Masalah Serius di Dunia, Ini Tips Tetap Sehat

DW/A. S. Salihbegovic
DW/A. S. Salihbegovic
Sumber :
  • dw

"Sehat secara mental adalah perasaan nyaman dengan diri sendiri, apa yang kita lakukan dan di mana posisi kita di dunia ini," ujar Chris O'Sullivan dari Yayasan Kesehatan Mental di Inggris.

Istilah "kesehatan mental" biasanya menimbulkan persepsi tentang gangguan mental seperti depresi, kecemasan dan kecanduan. O'Sullivan mengatakan penting untuk berpikir bahwa kesehatan mental itu lebih dari sekadar memiliki atau tidak memiliki gejala.

Sebaliknya, hal itu akan sangat membantu untuk melihat kesehatan mental sebagai spektrum, di mana posisi kita akan selalu berubah seiring berjalannya waktu.

Banyak bukti menjelaskan, bahwa kesehatan mental yang positif, terhubung dengan kesehatan fisik dan hubungan yang kita miliki dengan orang lain. Berikut adalah beberapa cara praktis, yang dapat dilakukan sehari-hari untuk kesejahteraan mental kita. Catatan: bila Anda memiliki gangguan mental akut, tips berikut mungkin tidak berguna untuk Anda.

Tetap aktif

Pikiran kita terhubung dengan tubuh kita. Bergerak secara aktif terbukti dapat melepas hormon-hormon di otak yang akan membuat kita merasa senang. Ini juga akan membantu kita tidur lebih baik, mengurangi perasaan stres atau cemas, meningkatkan kemampuan kognitif, mengingat, dan bahkan berpotensi meningkatkan kemungkinan mengalami peristiwa-peristiwa positif.

"Ada bukti yang sangat kuat tentang peran 'berolahraga' untuk mencegah dan menangani depresi atau kecemasan yang ringan hingga sedang," ujar O'Sullivan kepada DW. "Jadi, berolahraga, walaupun sedang merasa depresi dan merasa tidak ingin melakukannya, dapat membantu."