Logo BBC

Bagaimana Virus Corona Ubah Cara Pandang Kita tentang Akhir Pekan?

Waktu senggang sangat penting - khususnya di masa-masa sulit seperti pandemi virus corona yang terjadi saat ini. Bagaimana kita bisa membuat akhir pekan kita bermakna di tengah pembatasan dan karantina wilayah?

Salah satu adegan dalam episode perdana serial TV populer di Inggris, Downtown Abbey, adalah ketika salah satu tamu di kediaman keluarga Crawley mengungkapkan bahwa meski dia bekerja, dia memiliki waktu luang di akhir pekan untuk melakukan hal lainnya.

Dalem adegan itu, salah satu anggota keluarga Crawley menimpali dengan pertanyaan: "Apa itu akhir pekan?"

Ini adalah pertanyaan bagi kita yang memiliki pekerjaan non-esensial, yang memiliki banyak waktu karena sekolah, kantor, dan ruang publik dari segala jenis telah ditutup untuk memperlambat penyebaran virus corona.

Terkurung di rumah dan rutinitas sehari-hari kita dilucuti, banyak dari kita yang melakukan isolasi mandiri mendapati bahwa waktu menjadi sesuatu hal yang aneh dan tak berbentuk, yang tidak dapat didefinisikan dengan kalender.

Anda masih mengenakan piyama, sementara TV dan laptop Anda masih menyala, apakah Anda masih menganggap bahwa waktu adalah hal yang penting?

Jika ada masih saja beralih dari menyelesaikan pekerjaan dan anak-anak yang membutuhkan kudapan, apakah Anda masih menganggap hari dan pekan sebagai sesuatu yang penting?

Apa itu akhir pekan, sebenarnya, dan apakah mungkin memilikinya di tengah karantina?

"Salah satu tantangan di tengah krisis saat ini adalah banyak jadwal kita yang menjadi tak menentu," kata Laurie Santos, profesor psikologi di Universitas Yale yang mengajar kursus populer, The Science of Well-Being.