Logo BBC

Profesor Radiasi Jelaskan Faedah Berjemur untuk Jantung dan Imun

Sinar matahari. Getty Images via BBC Indonesia
Sinar matahari. Getty Images via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Semua orang tahu pentingnya tabir surya. Namun pada kenyataannya, tubuh kita membutuhkan sinar matahari.

Sinar matahari dapat meningkatkan suasana hati kita, menurunkan tekanan darah, memperkuat tulang, otot, dan bahkan sistem kekebalan tubuh atau imun kita.

Paparan singkat matahari sudah cukup untuk menuai semua manfaat ini.

Kekuatan matahari

Pada dasarnya, tanpa paparan sinar matahari secara langsung, kita tidak dapat membuat vitamin D yang menjalankan sejumlah fungsi penting dalam tubuh kita.

Saat sinar matahari menyentuh kulit kita, tubuh menyerap dan mengubahnya menjadi nutrisi.

"Ketika matahari menyinari kulit, radiasinya menyasar molekul 7-dehydrocholesterol, lalumengubahnya menjadi pre-vitamin D," kata Ann Webb, profesor bidang radiasi atmosfer di University of Manchester, Inggris.

"Setelah itu, dibutuhkan beberapa menit agar pre-vitamin D berubah menjadi vitamin D. Transformasi ini terjadi dengan bantuan suhu tubuh," ujar Webb.

Kita membutuhkan vitamin D, misalnya, agar tubuh dapat menyerap kalsium dan fosfat dari makanan. Dua mineral itu vital untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot, berapapun usia Anda.

Sebuah studi baru-baru ini bahkan menunjukkan, mengonsumsi vitamin D meningkatkan kekuatan otot pada atlet. Vitamin D disebut dapat merangsang pertumbuhan sel otot.

Namun manfaat vitamin D lebih dari sekadar memperkuat tulang dan otot kita.