Ganjar Ingin Seperti Jokowi, Tetap Dipercaya Masyarakat di Penghujung Jabatannya

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Gubernur Jawa Tengah sekaligus bacapres dari PDIP, Ganjar Pranowo mengatakan kepercayaan masyarakat terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap tinggi, meskipun memasuki sisa-sisa waktu jabatannya. 

Kelakar Prabowo Soal Presidential Club: Hanya Empat Nggak Usah Bikin Club, Minum Kopi Saja

Hal tersebut diungkap Ganjar saat menghadiri acara silaturahmi Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah yang digelar para relawannya di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

"Pak Jokowi sudah menunjukkan dengan sangat bagus sekali, bagus sekali dengan performance yang oke," kata Ganjar dalam pidatonya, Rabu, 19 Juli 2023.

Presiden Jokowi Akan Pimpin Upacara Peringatan Harlah Pancasila di Blok Rokan

Presiden Jokowi bersama Gubernur Jateng sekaligus capres Ganjar Pranowo.

Photo :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

"Bahkan biasanya di akhir-akhir masa jabatan presiden popularitasnya menurun. Tetapi kepercayaan masyarakatnya makin turun, karena beberapa diantaranya mulai meninggalkan. Tetapi Pak Jokowi tidak, masih berada pada posisi yang puncak kepercayaan masyarakat," sambungnya.

JK Sebut Rekonsiliasi Bukan Berarti Semua Masuk Pemerintahan

Oleh sebab itu, Ganjar mengaku belajar banyak dari sosok Jokowi dalam memimpin negara. Ia pun bercerita, dalam beberapa kesempatan Jokowi kerap memberikan wejangan.

"Kami bicara politik luar negeri, dalam negeri, bahkan persoalan pada politik yang sangat praktis. Kita bicara karena kita tidak ingin momentum ini hilang, dan kemudian kita gagal mencapai mimpinya besar," ucapnya.

Kemudian, Ganjar akan memanfaatkan bonus demografi Indonesia yang sangat besar dalam mewujudkan mimpinya sebagai presiden di 2024. Ia meminta bantuan kepada seluruh relawan yang hadir, orang-orang yang dia anggap memiliki gagasan dan konseptual yang matang.

Ganjar sebelumnya menyebut ada dua hal yang menjadi prioritas utamanya untuk diselesaikan jika terpilih menjadi Presiden RI pada Pilpres 2024. Pertama soal pemberantasan korupsi, dan kedua, pembangunan infrastruktur.

"Karakteristik yang sama yang diinginkan oleh masyarakat adalah pemberantasan korupsi dan semua pasti setuju," kata Ganjat saat menjadi pembicara dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2023, Makassar, Kamis, 13 Juli 2023. Acara dihadiri wali kota dari seluruh Indonesia.

Untuk pemberantasan korupsi, Gubernur Jawa Tengah ini optimis bisa menekan masalah itu. Dia pun meyakini jika masalah korupsi diatasi, maka pemerintah yang bersih dan melayani masyarakat dapat terwujud.

Adapun soal infrastruktur, kata Ganjar, pembangunan yang dilakukan pemerintahan hari ini harus bisa dituntaskan, sehingga dapat menghasilkan nilai tambah.

"Tentu infrastruktur yang menjadi prioritas oleh Presiden Joko Widodo bisa diselesaikan dan dituntaskan, added value-nya ada di sana," kata Ganjar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya