Peluang Dukung Prabowo, Partai Demokrat: Cawapres Sudah Diputuskan Tinggal Diumumkan

Sekjen Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya,
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Pertemuan elit Partai Gerindra dengan Partai Demokrat, memunculkan isu soal upaya membujuk partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY itu, mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Demokrat mengaku tetap bertahan di koalisi yang mereka bangun dengan PKS dan Nasdem.

Prabowo Belum Pernah Bicara Kabinet, Kata Petinggi Gerindra

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya memastikan, partainya konsisten di Koalisi Perubahan untuk mendukung Anies Baswedan sebagai capres. Meski AHY tidak diusung menjadi cawapres Anies.

Pimpinan Partai Gerindra temui pimpinan Partai Demokrat

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham
Ditawari Demokrat Maju Pilkada Jabar, Bey Machmudin Jawab Tegas Begini

Hal tersebut disampaikan Riefky, saat ditanya peluang Demokrat gabung Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama Gerindra dan PKB, apabila AHY tak maju dalam Pilpres 2024.

Riefky mengatakan, sesuai dengan piagam yang disepakati, cawapres dari Koalisi Perubahan (Demokrat, Nasdem dan PKS) diserahkan kepada Anies. Demokrat juga tetap akan konsisten dengan koalisi, siapapun cawapres yang dipilih nanti.

Demokrat Ungkap Bey Machmudin Tolak Tawarannya untuk Masuk Pilkada Jabar 2024

"Pertanyaan mengenai cawapres, kembali bahwa kami sudah menandatangani piagam yang menyerahkan soal cawapres kepada capres dan kabarnya sudah diputuskan, tinggal diumumkan," kata Riefky dalam konferensi pers di DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Juli 2023.

Riefky menambahkan, KPP sedang menunggu momentum yang tepat bersama Anies Baswedan untuk nantinya mengumumkan nama cawapres yang diusung di Pilpres 2024 nanti.

"Jadi kami tetap dalam posisi koalisi perubahan dan saat ini kami juga sedang menghitung momentum bersama capres untuk pengumuman itu, momentumnya kapan untuk disampaikan ke publik," jelasnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani memimpin partainya dalam pertemuan bertajuk silaturahmi kebangsaan dengan Partai Demokrat. 

Dalam kesempatan itu, Ahmad Muzani sempat berkelakar lewat pantun kepada Sekjen Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya.

"Kami hanya menitipkan satu pantun saja tadi sama mas Riefky. Pergi ke pasar beli alpukat, membelinya di pasar terapung, Pak Prabowo akan tambah kuat, jika Partai demokrat bergabung," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya