Hadirkan Kader Berkualitas, Dinilai Jadi Bukti Nyata PAN Bantu Rakyat

Bendera Partai Amanat Nasional. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Eduward Ambarita

Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) dinilai telah banyak terbukti bekerja nyata dalam upaya membantu masyarakat. Hal tersebut diwujudkan dari hadirnya banyak kader berkualitas PAN meski berlatar belakang artis atau publik figur.

Gak Nyangka, Begini Isi Garasi Epy Kusnandar yang Ditangkap Gegara Narkoba

"Artis yang sudah terpilih, yang sudah lama di PAN bisa menjadi contoh untuk membuktikan bahwa PAN tidak main-main," kata Pengamat Politik UIN Jakarta, Ahmad Bakir Ihsan.

Meski begitu, dia menambahkan PAN tetap perlu melakukan kerja-kerja politik untuk menghadapi Pemilu 2024 mendatang. Terutama bagi kader-kader yang baru bergabung agar dapat meyakinkan masyarakat.

Di depan Bakal Calon Kepala Daerah, Zulhas: PAN Tak Pernah Minta Proyek

"Kalau dilihat PAN sepertinya banyak menarik tokoh-tokoh, public figure yang dianggap punya popularitas. Itu tidak menjamin, tergantung kerja partai,” tambahnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan selain tokoh populer seperti artis, PAN memiliki kekuatan besar lainnya yang berasal dari Nahdlatul Ulama (NU). Sebab, banyak tokoh-tokoh NU bergabung dengan PAN dalam menghadapi Pemilu 2024.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Tokoh-tokoh NU tersebut banyak berasal dari Jawa Timur seperti Gus Syaiful Nuri dari Pondok pesantren Sidogiri Pasuruan, Gus Ahmad Abdul Qodir dari pondok pesantren Syaikh Abdul Qodir Jailani. Keberadaan tokoh-tokoh tersebut dapat dikapitalisasi oleh PAN mengingat banyak warga NU yang memegang prinsip Samina Wa Athona yaitu patuh terhadap pimpinan jemaah.

“Kalau kita baca secara sosiologis, nahdliyin itu tergantung kiai, Samina Wa Athona ke kiai. Walaupun dalam konteks politik agak cair, tetapi itu kan perlu dirangkul,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya