Arab Saudi Ciptakan 'Badai Eksodus' Bintang Eropa, UEFA: Kesalahan Fatal

Megabintang Al Nassr Cristiano Ronaldo rayakan gol
Sumber :
  • Twitter Al Nassr

VIVA Bola – Liga Arab Saudi belakangan kian jorjoran untuk membeli pemain Eropa. Sejumlah nama bahkan sudah dipastikan hijrah.

Terpopuler: 6 Pemain Bidikan Inter Milan, Pengakuan Pelatih Korsel Usai Dihajar Indonesia

Dimulai dengan Cristiano Ronaldo yang bergabung dengan Al Nassr. Lalu menyusul Karim Benzema yang akan membela Al Ittihad musim depan.

Sejumlah nama pun terus menyeruak. Ada Hakim Ziyech, Son Heung Min, Ruen Neves, Pierre Aubameyang, dan lain-lain.

Fokus Arsenal di Bursa Transfer, Perkuat 3 Posisi

Fenomena ini sempat membuat gerah sepakbola Eropa. Kekuatan uang yang dimiliki oleh klub-klub Arab Saudi ditakutkan bisa mengganggu pamor kompetisi di benua biru yng selama ini dianggap sebagai kiblat olahraga si kulit bundar.

Prediksi Liga Arab Saudi: Al Nassr vs Al Fayha

Namun presiden UEFA, Alex Ceferin, tidak berpikir demikian. Dia tidak melihat aksi dari klub-klub Arab Saudi itu sebagai ancaman.

Malah dia melihat Arab Saudi telah membuat kesalahan dengan menciptakan badai eksodus di kompetisi Eropa.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin

Photo :

"Tidak, saya malah berpikir ini kesalahan utama sepakbola Arab Saudi. Mengapa? Karena seharusnya mereka melakukan investasi di akademi, membawa pelatih, dan mengembangkan pemain sendiri," kata Ceferin.

"Sistem dengan membeli pemain yang sudah di ujung karier, bukan untuk mengembangkan sepakbola. Mereka membuat kesalahan yang sama dengan China ketika membawa pemain yang sudah menuju pensiun," sambungnya.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya