Skenario Absurd Timnas Irlandia Lolos EURO 2024, Harus Dibantai Belanda

Timnas Republik Irlandia (hijau) di kualifikasi EURO 2024
Sumber :
  • Liam McBurney/PA via AP

Irlandia – Skenario absurd muncul di Kualifikasi EURO 2024. Timnas Republik Irlandia harus kalah dengan skor besar saat menghadapi Timnas Belanda di laga pamungkas untuk menjaga peluang lolos ke Jerman.

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024

Irlandia sudah tak memiliki peluang lolos langsung ke EURO 2024. Saat ini mereka duduk di posisi keempat Grup B dengan enam poin dari tujuh pertandingan.

Prancis sudah memastikan tiket ke EURO 2024 dengan 18 poin dari enam laga. Setelah itu, ada Belanda dan Yunani yang masing-masing mengumpulkan 12 poin. Namun, Belanda masih memiliki dua laga lebih banyak.

Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

Irlandia masih bisa lolos ke EURO 2024. Yakni melalui jalur playoff berdasarkan penampilan di UEFA Nations League 2022/23.

Kok Irlandia Harus Kalah?

Klasemen Grup A Piala Asia U-23 dan Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Perempat Final

Dilansir Talksport, 12 tim akan berpartisipasi di partai playoff untuk memperebutkan tiga tiket sisa ke EURO 2024. Tim-tim ini diambil berdasarkan penampilan di UEFA Nations League.

Akan dipilih empat tim dari Liga A, empat tim dari Liga B dan empat sisanya dari Liga C. Bagaimana kriteria pemilihan? Berdasarkan penampilan terbaik di kompetisi Nations League.

Aturan UEFA mengatakan, jika ada kurang dari empat tim dari satu liga (A, B atau C) memasuki tahap playoff maka slot yang tersedia akan dialokasikan bagi juara grup terbaik dari Liga D. Dalam hal ini Estonia.

Timnas Belanda

Photo :
  • ap

Aturan berikutnya mengatakan, slot lain yang tersedia akan diberikan pada tim rangking terbaik berikutnya yang belum lolos. Agar Republik Irlandia bisa masuk ke tahap playoff, tidak boleh ada tujuh tim di atas mereka pada rangking Nations League yang belum lolos otomatis melalui kualifikasi Euro.

Belanda adalah salah satu tim yang lebih baik daripada Irlandia karena merupakan salah satu tim di Liga A Nations League, tetapi belum pasti lolos.

Jadi, jika Belanda dibiarkan atau dibantu menang, dan unggul dengan banyak gol ke gawang Irlandia, maka Wout Weghorst dan rekan-rekannya akan melampaui posisi Timnas Yunani. Dan karena Yunani menempati rangking Nations League yang lebih rendah daripada pasukan Stephen Kenny maka merekalah yang akan menjadi salah satu tim playoff.

Belanda akan menjamu Irlandia di Johan Cruyff Arena pada 18 November 2023. Menarik dinanti apakah Irlandia bisa lolos dengan skenario absurd ini.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya