Resmi Dibeli Sir Jim Ratcliffe, MU Terancam Tak Bisa Main di Liga Champions

Orang terkaya Britania Raya, Sir Jim Ratcliffe
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Manchester United bisa saja diblokir dari Liga Champions musim depan meski mereka finis di empat besar.

Ten Hag Mulai Tak Percaya Diri, Apa Kurangnya Manchester United?

Pada Malam Natal, United mengonfirmasi bahwa taipan petrokimia INEOS, Sir Jim Ratcliffe, telah membeli 25 persen saham klub dan akan mengambil alih operasinal MU setelah persetujuan Liga Premier diberikan.

Pengumuman ini datang sekitar 13 bulan setelah potensi pengambilalihan United pertama kali diumumkan.

Waspada 4 Pemain Uzbekistan U-23, Ada yang Lawan Arsenal di Liga Champions

Setelah menyelesaikan pembeliannya, Ratcliffe mengatakan kepada situs United: "Sebagai anak lokal dan pendukung setia Klub, saya sangat senang bahwa kami dapat menyetujui kesepakatan dengan Dewan Manchester United yang mendelegasikan kami tanggung jawab manajemen operasi sepak bola Klub.

“Meskipun kesuksesan komersial Klub telah memastikan selalu tersedia dana untuk memenangkan trofi di level tertinggi, potensi ini belum sepenuhnya terbuka dalam beberapa waktu terakhir.”

Legenda Manchester United Ikut Buka Suara Soal Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Disebut Sukses

Ratcliffe akan menyuntikkan $300 juta (£236 juta) ke klub untuk investasi infrastrukturnya.

Namun periode enam hingga delapan minggu yang dibutuhkan Liga Premier untuk menandatangani pembelian Ratcliffe berarti dia kemungkinan tidak akan memiliki pengaruh di United hingga penutupan jendela transfer bulan depan.

United saat ini mengalami musim yang buruk, finis di posisi terbawah grup Liga Champions dan hanya memenangkan satu dari lima pertandingan terakhir mereka di Liga Premier. Sebaliknya, tim asuhan Erik ten Hag mendekam di urutan kedelapan di Liga Premier, terpaut delapan poin dari empat besar.

Namun, jika United menikmati kebangkitan drastis dan finis empat besar, ada kemungkinan mereka akan dilarang bermain di kompetisi tersebut. Hal ini karena kepemilikan Ratcliffe atas klub Prancis, Nice.

Menjelang perluasan Liga Champions musim depan, tim-tim papan atas Prancis akan diberikan tiga tempat otomatis dan satu tempat play-off, sedangkan tim-tim Liga Premier akan mendapatkan empat tempat langsung.

Namun, aturan “kepemilikan multi-klub” UEFA menyatakan bahwa satu-satunya cara United dan Nice bisa bermain di Eropa pada musim berikutnya adalah jika salah satu dari mereka otomatis lolos ke Liga Champions dan yang lainnya lolos langsung ke Liga Conference.

Jika keduanya finis di posisi Liga Champions di liga masing-masing, tim yang finis lebih tinggi di antara keduanya akan mendapat tempat, sementara tim lainnya akan dilarang mengikuti kompetisi Eropa.

Nice saat ini tertinggal lima poin dari Paris Saint-Germain di peringkat kedua Ligue 1 dan berada di jalur yang tepat untuk lolos ke kompetisi musim depan.

Hal ini mungkin tidak selalu menjadi masalah bagi United, dengan Athletic melaporkan bahwa Ratcliffe pada akhirnya akan berusaha menjual tim Ligue 1 tersebut, dengan angka yang diperdebatkan sekitar £80 juta. Namun, hal ini bergantung pada apakah INEOS meningkatkan sahamnya di United.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya