Sosok Akram Afif, Pemain Terbaik dan Top Skor Piala Asia 2023

Penyerang Timnas Qatar, Akram Afif
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Qatar – Timnas Qatar berhasil menjuarai Piala Asia 2023 setelah mengalahkan Yordania di lag final dengan skor 3-1. Duel antara kedua kesebelasan itu berlangsung di Lusail Stadium, Qatar, pada Sabtu, 10 Februari 2024 malam WIB.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Satu gol Yordania di final Piala Asia pertama mereka dicetak oleh Yazan Al-Naimat. Adapun, 3 gol kemenangan Qatar dicetak oleh Akram Afif melalui titik penalti.

Berkat 3 gol di partai final itu, Akram Afif berhasil menambah jumlah golnya menjadi 8 dan menggeser posisi top skor Piala Asia 2023 yang sebelumnya dipegang Aymen Hussein dari Timnas Irak dengan 6 gol.

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang di Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Penampilan gemilang Afif di partai final Piala Asia membuat pemain kribo itu mendapat sorotan banyak pihak. Lantas, seperti apa sosoknya?

Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas

Mengutip laporan Transfermarkt, Minggu, 11 Februari 2024, laki-laki berusia 27 tahun ini merupakan pemain yang terlibat saat Timnas Qatar menjuarai Piala Asia 2019 lalu.

Kendati demikian, saat itu perolehan gol Afif tak sementereng tahun ini, 5 tahun lalu, Afif cuma mencetak satu gol sepanjang turnamen, tetapi ia tetap dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Asia 2019.

Hal itu dikarenakan, Afif yang berposisi second striker (SS) mampu memborong begitu banyak assist atau umpan yang dapat dikonversi menjadi gol. Tercatat, dia menyumbang 10 assist. Hasilnya AFC tak tanggung-tanggung melabelinya sebagai best player Piala Asia 2019.

Selain di Piala Asia, Akram Afif juga menjadi andalan dari Qatar saat Piala Dunia 2022 lalu. Namun saat itu Akram Afif kurang bersinar dan menjadi salah satu penyebab Timnas Qatar minim gol saat penyisihan grup.

Dikabarkan, Afif bukanlah pemain asli Qatar. Pemain kribo ini memiliki darah campuran Afrika dari nasab sang ayah. Namun, ia memilih jalur kewarganegaraan Qatar sebagai tempat kelahirannya.

Final Piala Asia 2023 Yordania vs Qatar

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Bakat sepakbola, telah dimiliki Akram Afifi saat usianya masih duduk di bangku setara Sekolah Dasar. Dikabarkan, ia pernah mencicipi akademi Sevilla di Spanyol. Hingga pada ujungnya Akram Afif pernah berkompetisi di level senior La Liga Spanyol bersama Villareal hingga Sporting Gijon.

Kini Akram Afif bermain dengan Al Sadd di Liga Utama Qatar. Bersama klub tersebut Afif mampu berprestasi dengan catatan tiga trofi Liga Qatar, dua kali Qatar Cup, hingga masing-masing satu kali Piala Super Qatar dan Piala Qatar.

Selain itu, untuk gelar individu sosok Akram Afif juga pernah memperoleh dua kali best player Liga Qatar dan satu kali top skor Liga Qatar. Raihan tersebut diperoleh Akram selama berkiprah sejak musim kompetisi 2018/2019 hingga detik ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya