Mantan Pelatih Man Utd Eric Ramsay Cetak Kemenangan Debut di MLS

Pelatih Eric Ramsay
Sumber :
  • X @UtdDistrict

Amerika Serikat – Eric Ramsay, yang merupakan salah satu pelatih Erik ten Hag di Man Utd, mewujudkan impiannya sebagai manajer di Major League Soccer.

Pelatih Kiper Persebaya Surabaya Suntikan Semangat untuk Ernando Ari

Pria berusia 32 tahun itu merayakan kemenangan 2-0 dalam debut manajerialnya saat Minnesota United mengalahkan mantan juara Piala MLS Los Angeles FC pada Sabtu malam waktu setempat.

Pelatih kepala LAFC Steve Cherundolo dipuji sebagai 'salah satu pelatih terbaik di liga' pada bulan Desember, ketika menandatangani perpanjangan beberapa tahun dengan klub.

Kejutan Indonesia U-23 Bikin Uzbekistan U-23 Ogah Kecolongan

Pelatih Eric Ramsay

Photo :
  • X @mufcMPB

Namun pada Sabtu malam, LAFC secara taktis dikalahkan oleh Ramsay saat Minnesota melanjutkan awal tak terkalahkan mereka musim ini, dan saat ini menduduki puncak Wilayah Barat dengan 10 poin dari empat pertandingan. Ramsay resmi meninggalkan United pada akhir Februari untuk bergabung dengan Minnesota, yang memulai musim MLS 2024 tanpa pelatih kepala.

Shin Tae-yong: Percaya dan Ikuti Saya, Kita Akan ke Final

Mereka menunda mempekerjakan manajer lain sebelum awal musim setelah mengidentifikasi Ramsay sebagai target utama mereka, dan kesabaran mereka mungkin membuahkan hasil. Gol dari Robin Lod dan Bongokuhle Hlongwane memastikan kemenangan Minnesota, membuat Ramsay senang di ruang istirahat.

“Dalam dua tahun bersama LAFC, Steve telah terbukti menjadi salah satu pelatih terbaik di liga kami,” kata Co-President & General Manager LAFC John Thorrington pada bulan Desember ketika mengonfirmasi kesepakatan mereka dengan pelatih kepala Cherundolo,” dikutip dari Mirror, Senin, 18 Maret 2024. 

Namun dia gagal menyamai Ramsay dalam debut kepelatihannya, menyimpulkan pendapat Ten Hag tentang pelatih muda tersebut.

Pelatih Eric Ramsay

Photo :
  • X @ManUtd

Ten Hag menganggap Ramsay sebagai salah satu pelatih terbaiknya di United, namun ia tahu bahwa hanya masalah waktu saja sebelum ia pergi. Ramsay telah didekati oleh Swansea dan Blackpool sejak awal tahun 2024, tetapi pada kedua kesempatan tersebut Ten Hag meyakinkannya untuk bertahan.

Pelatih asal Belanda itu menyatakan keinginannya agar Ramsay tetap di United lagi ketika Minnesota datang memanggilnya, tapi kali ini sang pelatih memutuskan untuk mengambil peran pertamanya sebagai pelatih kepala.

Ramsay memiliki banyak pengalaman meski baru berusia 32 tahun, yang dimulai saat melatih tim universitasnya bersama manajer Ipswich Town saat ini, Kieran McKenna.

Ramsay lulus dengan gelar di bidang Ilmu Olah Raga, tetapi fokus pada kepelatihan saat ia menghabiskan hampir empat tahun sebagai Pelatih Fase Pengembangan Profesional Utama di Swansea City, yang saat itu berada di Liga Premier. 

Dia kemudian menjadi manajer akademi di Shrewsbury Town pada tahun 2017, sebelum menjadi manajer sementara tim utama dan kemudian pelatih tim utama.

Ia melanjutkan perkembangannya saat bergabung dengan Chelsea pada tahun 2019, menjadi pelatih U-23 dan pelatih Inggris termuda yang meraih Lisensi Pro UEFA. Dia pindah ke United pada tahun 2021 sebagai pelatih pengembangan pemain dan bola mati di bawah mantan manajer Ole Gunnar Solskjaer.

Ramsay bekerja di bawah Solskjaer, Ralf Rangnick, dan kemudian Ten Hag, tetapi menunjukkan keahliannya dalam beberapa cara berbeda. Pemain berusia 32 tahun ini fasih berbahasa Spanyol dan Prancis, dan membantu pemain baru beradaptasi di klub, terutama gelandang Casemiro.

Mantan pelatih United ini juga memiliki pengalaman internasional, setelah bergabung dengan timnas Welsh sebagai asisten Rob Page. “Eric bisa dibilang salah satu pelatih muda terbaik di sepakbola saat ini,” kata Page pada tahun 2023 setelah Ramsay tiba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya