Ranking Kompetisi Klub AFC: Miris, Liga Indonesia Kalah Jauh dari Malaysia

Duel Persib Bandung vs Madura United
Sumber :
  • Instagram @liga1match

VIVA – Konfederasi sepakbola Asia atau AFC merilis ranking kompetisi klub Asia atau Liga yang digelar di berbagai negara kawasan Benua Kuning musim 2023/2024 pada Senin 27 Mei 2024.

Ngeri, Ranking Dunia Persib Bandung Jauh di Atas Klubnya Lionel Messi

Faktanya, Liga Indonesia berada di peringkat ke-28 level benua Asia dari 46 negara. Adapun kompetisi klub Asia peringkat satu disandang oleh Arab Saudi dengan poin 103,1. Bukan tanpa sebab, di Saudi Pro League, banyak pemain-pemain top Eropa, termasuk Cristiano Ronaldo.

Di peringkat kedua dan ketiga level asia ditempati oleh Jepang dan Korea Selatan. Menariknya, K League merupakan kompetisi yang saat ini coba ditaklukkan oleh bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan.

PSBS Biak Gelar Latihan Perdana di Bali Sambut Musim Baru

Sementara peringkat satu di level Asia Tenggara ada kompetisi Thailand. Menariknya, negara tetangga Malaysia menempati posisi kedua di tingkat ASEAN. Sedangkan Vietnam ada di posisi ketiga.

Resmi: Persija Ucapkan Salam Perpisahan untuk Thomas Doll

 
Kemudian Singapura ada di peringkat keempat dan Filipina di ranking kelima. Menyusul Indonesia di urutan keenam. Liga Indonesia cuma unggul dari Liga Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste pada level Asia Tenggara. Kompetisi Indonesia memiliki 14,8 poin saat ini. 

Adapun Liga Indonesia kasta teratas yang dikenal dengan sebutan Liga 1 saat ini memasuki tahap akhir atau final championship series yang mempertemukan Persib Bandung dengan Madura United.

Persib Bandung unggul 3-0 di leg pertama dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (26/5). Leg kedua final Liga 1 akan digelar di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Jumat 31 Mei 2024.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya