Jordan Henderson Out, Virgil van Dijk Jadi Kapten Baru Liverpool

Bek Liverpool, Virgil van Dijk
Sumber :
  • twitter.com/LFC

Inggris – Manajer Liverpool, Jurgen Klopp resmi menunjuk Virgil van Dijk sebagai kapten tim, sedangkan Trent Alexander-Arnold menjadi wakilnya. 

Ganas, Arsenal Ngamuk di Kandang Tottenham

Tugas itu sudah dijalani Van Dijk dalam tiga pertandingan pramusim The Reds. Kepergian Jordan Henderson ke klub Liga Pro Saudi Al-Ettifaq pekan lalu, dan keputusan melepas James Milner di akhir musim 2022/23 memaksa Klopp untuk mencari kapten baru beserta wakilnya.

Memang, Van Dijk sudah tidak asing dengan peran kapten tim. Sebelumnya, ia sudah memimpin The Reds di 43 pertandingan. Selain itu, Van dijk juga menjabat sebagai kapten Belanda.

Mohamed Salah Rahasiakan Penyebab Ribut dengan Klopp

Pemain 32 tahun itu menyatakan dirinya tidak berubah sama sekali setelah ditunjuk menjadi kapten. Cuma beda status saja yang dia rasakan saat ini, karena penunjukkannya permanen.

“Sangat spesial, terima kasih banyak. Hari yang sangat membanggakan bagi saya, istri, anak-anak, dan keluarga saya. Jelas itu adalah perasaan khusus, dan saya tidak bisa menggambarkannya pada saat ini. Tapi itu adalah sesuatu yang saya sangat, sangat membanggakan,” ujar Van Dijk dilansir laman resmi klub, Selasa 1 Agustus 2023.

Ten Hag Mulai Tak Percaya Diri, Apa Kurangnya Manchester United?

Virgil van Dijk

Photo :
  • instagram

“Saya kapten Belanda, itu sudah merupakan kehormatan besar, momen yang membanggakan juga. Tapi menjadi kapten Liverpool adalah sesuatu yang tidak bisa saya gambarkan saat ini. Saya akan melakukan segalanya dengan kekuatan saya, dan apa yang bisa saya lakukan untuk membuat semua orang bangga dan bahagia.”

Dirinya mengakui, menjalankan tugas sebagai kapten tim bukan pekerjaan mudah. Van Dijk kini harus bisa memimpin rekan-rekannya untuk meraih hasil bagus dibandingkan musim lalu, di mana mereka tidak mampu menembus zona Liga Champions.

“Ini pekerjaan seperti biasa, tetapi jelas kami sadar kehilangan pemain di belum lama ini yang merupakan tokoh besar di ruang ganti, juga di lapangan. Pemain lain harus maju, dan mengambil tanggung jawab dalam tim, termasuk saya sendiri,” ucap Van Dijk.

“Ini jelas tidak akan mudah pada saat-saat tertentu, akan sulit di dalam dan di luar lapangan. Tetapi saya menyukai tantangan, dan saya ingin melakukannya. Jelas saya tahu apa artinya menjadi kapten.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya