VIVAreplay2023

Hegemoni Manchester City Sepanjang 2023, 5 Gelar Bukan Cuma Dongeng Sejarah

Manchester City juara Piala Dunia Antarklub 2023
Sumber :
  • AP Photo/Manu Fernandez

Manchester – Pencapaian sensasional berhasil diraih Manchester City sepanjang 2023. The Citizens mampu menciptakan sejarah baru bukan hanya dongeng sejarah.

Waspada 4 Pemain Uzbekistan U-23, Ada yang Lawan Arsenal di Liga Champions

Awalnya, stigma jagoan lokal masih ada pada ManCity. Sebab mereka kerap juara Premier League namun gagal menjuarai Liga Champions.

Fans klub tetangga Manchester United pun kerap membanggakan sejarah. Terlebih, Setan Merah mampu meraih treble winner di musim 1998/99.

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Namun, sepanjang 2023 ManCity mampu mematahkan anggapan miring. Tak hanya treble, armada Pep Guardiola juga menjadi klub Inggris pertama yang merebut lima gelar dalam satu tahun kalender.

Gelar yang paling dinanti-nanti tentu saja Liga Champions. The Citizens mengangkat trofi si Kuping Besar untuk pertama kali usai menaklukkan Inter Milan 1-0 di partai puncak dalam laga di Ataturk Olympic Stadium, Turki, Minggu 11 Juni 2023.

Legenda Manchester United Ikut Buka Suara Soal Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Disebut Sukses

Rodri menjadi penentu kemenangan the Citizens setelah mencetak gol semata wayang selepas turun minum. Gelar Liga Champions ini memastikan Man City menjadi treble winners 2022/2023. Sebelumnya, Man City sukses merengkuh gelar juara Premier League dan Piala FA.

Manchester City juara Liga Champions 2022/2023

Photo :
  • AP Photo/Manu Fernandez

"Lelah. Tenang. Puas. Sangat sulit untuk memenanginya. Inter tadi bermain dengan sangat bagus. Sabar saja itu yang saya katakan di half-time." kata Guardiola dilansir BT Sport. 

"Anda memang harus beruntung. Ederson atau mereka melewatkannya, mereka bisa menyamakan kedudukan. Kompetisi ini seperti [lemparan] sebuah koin. Ini sudah takdir. Ini adalah milik kami," sambungnya.

Ditambah Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub
Tercatat, hanya satu gelar yang lepas dari genggaman ManCity sepanjang 2023. The Citizens gagal menjuarai Community Shield usai kalah 1-4 (1-1) lewat adu penalti dari Arsenal di Wembley Stadium, London.

Sisanya, dua gelar tambahan mampu direbut. ManCity menjuarai Piala Super Eropa dan juga Piala Dunia Antarklub.

Total lima gelar direngkuh ManCity sepanjang tahun ini. Yakni Premier League, Piala FA, Liga Champions, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

The Citizens merebut Piala Dunia Antarklub 2023 usai menggilas Fluminense 4-0 di King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, Sabtu dini hari WIB, 23 Desember 2023.

Julian Alvarez membuka pesta gol ManCity di menit 1, disusul bunuh diri Nino (27'), Phil Foden (72') dan gol kedua Alvarez (88').

Manchester City juara Piala Dunia Antarklub 2023

Photo :
  • AP Photo/Manu Fernandez

"Sebagai seorang manajer, itulah yang paling saya banggakan bahwa kami selalu ada. Tidak peduli seberapa banyak kami menang, tidak peduli trofi apa pun yang kami angkat, kami kembali berada di sana untuk berjuang meraih gelar berikutnya," tutur Guardiola dilansir Sky Sports.

“Memenangkan treble benar-benar istimewa, namun memenangi dua trofi lagi dan kini memegang lima gelar utama menunjukkan mentalitas unik tim ini, klub, dan para penggemarnya," lanjut eks pelatih Bayern Munich dan Barcelona ini.

Akhir Penantian Panjang Napoli
Tahun 2023 juga terasa indah bagi Napoli. Partenopei mengakhiri penantian panjang 33 tahun merengkuh Scudetto Serie A.

Napoli menahan imbang tuan rumah Udinese 1-1 di Dacia Arena, Jumat dini hari WIB, 5 Mei 2023. Tambahan satu angka sudah cukup bagi armada Luciano Spalletti memastikan Scudetto pertama dalam 33 tahun terakhir.

"Ketika saya datang ke Napoli, saya melakukannya untuk memenangkan Scudetto. Setelah serangkaian pelatihan dan fasilitas hebat yang dimiliki Napoli, saya hanya memiliki satu tujuan yaitu kemenangan," kata Spalletti.

Fans Napoli sudah bersiap menyambut Scudetto

Photo :
  • AP Photo/Gregorio Borgia

"Melihat semua fans merayakannya adalah emosi yang tak terlukiskan. Saya merasakan semangat mereka, cinta mereka, dan juga tanggung jawab dengan menyandang baju spesial ini di kulit dan bahu. Hari ini orang-orang luar biasa inilah yang memberi saya kebahagiaan terbesar," ungkap pelatih berkebangsaan Italia itu.

Napoli telah menunggu selama 33 tahun untuk memperoleh kembali gelar Scudetto setelah terakhir kali pada 1990 kota tersebut berpesta merayakan gelar juara bersama sang legenda Diego Maradona.

Beralih ke Spanyol, gelar juara LaLiga 2022/23 diraih Barcelona. Barcelona memastikan diri juara usai menaklukkan tuan rumah Espanyol dengan skor 4-2 dalam lanjutan LaLiga di Stadion RCDE pada Senin dini hari WIB, 15 Mei 2023. 

Ini menjadi gelar LaLiga pertama yang diraih Xavi Hernandez sebagai pelatih Barcelona.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya