Manchester United Segera Selesaikan Transfer Bintang, Masalah Erik ten Hag Terjawab?

Manajer Manchester United, Erik ten Hag
Sumber :
  • AP Photo/Dave Thompson

Manchester – Seperti para pendahulunya, Erik ten Hag menghadapi tugas sulit dalam menangani kesalahan-kesalahan manajer sebelumnya di Manchester United. Baik itu berkaitan dengan rekrutmen yang kurang baik atau disharmoni di ruang ganti, Ten Hag, yang telah menjabat selama 18 bulan, masih harus menghadapi sejumlah masalah yang menghambat kepemimpinannya.

Ten Hag Mulai Tak Percaya Diri, Apa Kurangnya Manchester United?

Dengan mendekati akhir jendela transfer Januari yang relatif sepi bagi Setan Merah, dua pemain yang direkrut oleh mantan bos permanen, Ole Gunnar Solskjaer, pada hari batas waktu transfer Oktober 2020, Amad dan Facundo Pellistri, mungkin akan dijual dari Old Trafford dalam upaya untuk menyederhanakan skuad Ten Hag.

Winger Manchester United, Facundo Pellistri

Photo :
  • Sky Sports
Legenda Manchester United Ikut Buka Suara Soal Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Disebut Sukses

Amad dan Pellistri, keduanya pemain sayap muda, bergabung bersama United bersama striker veteran Edinson Cavani. Cavani, yang merupakan mantan pemain, sudah tidak bersama klub, sementara Pellistri menyelesaikan kepindahannya pada Rabu malam, dan sekarang Amad juga mungkin akan mengikuti langkahnya.

Amad dibeli dengan biaya yang cukup besar, datang dari klub Serie A Atalanta, yang merupakan salah satu pabrik bakat paling terkenal di sepak bola Italia dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun hanya memiliki pengalaman 76 menit bermain di tim senior saat itu, biaya kedatangannya mencapai potensi 37 juta poundsterling.

Termasuk Zinedine Zidane, Ini 5 Pelatih Pengganti Erik Ten Hag di Manchester United

Pemain Pantai Gading itu membuat sembilan penampilan untuk Setan Merah setelah bergabung dengan tim utama mereka pada Januari 2021, tetapi 12 bulan kemudian ia kemudian dipinjamkan ke raksasa Skotlandia Rangers setelah Solskjaer dipecat dan digantikan oleh bos sementara Ralf Rangnick.

Setelah bermain di bawah asuhan Ten Hag pada pramusim berikutnya, Amad kemudian menikmati musim spektakuler dengan status pinjaman di Sunderland, membantu Black Cats mencapai semifinal play-off Championship dengan 13 gol dan tiga assist. 

Paul Pogba dan Amad Diallo membawa bendera Palestina

Photo :
  • instagram/ sportbible

Musim ini, pemain berusia 21 tahun itu bersiap untuk bermain untuk Setan Merah, namun ia mengalami cedera pergelangan kaki serius yang dideritanya pada bulan Juli yang memaksanya absen selama lima bulan.

Namun, hanya ada 36 menit aksi yang terjadi, dan Amad tidak tampil dalam kemenangan tandang 4-2 hari Minggu atas tim League Two Newport County di putaran ketiga Piala FA. 

Hal itu memicu spekulasi bahwa mantan pemain ajaib Atalanta itu kini ingin bergabung kembali dengan Sunderland hingga akhir musim ini untuk mendapatkan lebih banyak waktu bermain dan melanjutkan perkembangannya.

Direktur olahraga The Black Cats, Kristjaan Speakman, bahkan mengakui Sunderland tertarik untuk merekrutnya kembali. 

“Situasinya jelas. Kami mempunyai hubungan yang positif dengan anak itu, orang-orangnya, dan Manchester United. Bisakah dia meningkatkan kualitas kami? Ya. Sudahkah kami bertanya? Ya. Apakah kami terus berhubungan dengannya? Ya. Kepala saya akan dipertaruhkan jika tidak,” jelas Speakman, dikutip dari Mirror, Kamis, 1 Februari 2024.

“Bahkan jika dia tersedia, kami mungkin tidak akan mendapatkannya. Saya menganggapnya sebagai pemain tingkat satu. Dia adalah pemain tingkat satu. Kami akan beruntung jika kami mendapatkannya dengan status pinjaman lagi. Level yang bisa dia mainkan. Dia menyukai permainannya waktu di sini. Dia mencintai para pemain dan staf,” imbuhnya.

Kecil kemungkinan Setan Merah akan bersedia melepas Amad secara permanen mengingat biaya yang mereka keluarkan untuknya lebih dari tiga tahun lalu, namun jalan keluar sementara tampaknya sudah menjadi pilihan. 

Adapun Pellistri, dia menjadi lebih mapan di tim internasional Uruguay dibandingkan di United sejak kepindahannya senilai 9 juta poundsterling dari klub asalnya Penarol.

Pemain berusia 22 tahun itu direkomendasikan kepada Solskjaer oleh mantan striker Setan Merah dan mantan bos Penarol Diego Forlan, yang melatih Pellistri pada saat penjualannya. Pellistri baru diberikan debutnya oleh Ten Hag pada akhir tahun 2022, setelah dipinjamkan ke klub La Liga Alaves pada dua kesempatan terpisah.

Namun, peminjaman lainnya telah disetujui, dengan rekan senegaranya di Granada menyambut Pellistri, yang juga menonton dari bangku cadangan di Newport pada hari Minggu. 

Kesepakatan tersebut adalah pinjaman langsung tanpa opsi untuk membeli, kemungkinan besar sama dengan kemungkinan kepergian Amad, dengan pemain Uruguay tersebut memiliki sisa kontrak 18 bulan di United dan Setan Merah memiliki opsi untuk memperpanjangnya satu tahun lagi. Agen Pellistri menjadi berita utama sebelum langkah tersebut diumumkan pada hari Rabu dengan mengecam Ten Hag. 

“Erik ten Hag belum memanfaatkannya, tidak menghargainya, atau memperlakukannya seperti seorang profesional. Dia memiliki pinjaman yang diputuskan untuk dilanjutkan oleh bocah itu. Seluruh Manchester tahu Ten Hag dipanggil dia melawan tim divisi empat dan dia tidak menggunakannya,” kata Edgardo Lasalvia saat wawancara dengan Sport 890.

Solskjaer memandang keduanya sebagai bintang masa depan di Old Trafford, namun kepergian keduanya dengan status pinjaman adalah sinyal tambahan bahwa segala sesuatunya mungkin tidak akan berjalan seperti itu. 

Namun, rekrutmen Ten Hag tidak lebih baik daripada yang dilakukan Solskjaer, dan para kritikus berpendapat bahwa Amad dan Pellistri sekarang pantas mendapatkan lebih banyak peluang daripada penandatanganan 82 juta poundtserling Antony dan Marcus Rashford yang gagal setelah paruh pertama musim yang buruk bagi seluruh skuad.

Masih ada harapan bagi masing-masing pemain sayap untuk memaksimalkan potensinya, namun musim ini adalah musim yang besar bagi keduanya. Saat ini, mereka harus menunjukkan bakat mereka di luar Old Trafford.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya