Alih-alih Nomor Telepon, WhatsApp akan Gunakan Nama Unik

WhatsApp.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Platform WhatsApp akan memungkinkan pengguna untuk menemukan orang lain dengan nama unik dibanding hanya nomor telepon, menurut pembaruan baru untuk perangkat lunak.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Sistem akan membiarkan orang memilih nama pengguna yang kemudian dapat digunakan untuk memulai obrolan baru. Itu akan memungkinkan orang untuk lebih mudah membagikan detail kontak mereka tanpa memberikan nomor telepon.

Pembaruan baru ditemukan dalam versi beta dari aplikasi yang telah tersedia untuk Android, menurut WABetaInfo, yang memiliki rekam jejak dalam menemukan fitur yang tidak diumumkan di aplikasi.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Versi beta itu menunjukkan bagian dalam pengaturan yang memungkinkan orang memilih nama pengguna WhatsApp. "Ini adalah nama pengguna unik Anda," kata aplikasi, di samping opsi terpisah untuk memilih nama, yang sekarang tersedia di aplikasi dan ditampilkan di samping pesan. 

Opsi untuk memilih nama pengguna akan ditemukan di dalam pengaturan WhatsApp dan kemudian opsi "profil", menurut laporan tersebut. 

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Itu ada di dalam versi beta terbaru dari aplikasi Android –meskipun tidak sepenuhnya didukung dalam sistem itu karena masih dalam pengembangan dan tidak terlihat oleh penguji awal.

WhatsApp.

Photo :
  • Unsplash

Tidak ada indikasi nyata tentang cara kerja nama pengguna tersebut. WABetaInfo berspekulasi bahwa sistem tersebut mungkin relatif terbatas –seperti hanya memungkinkan komunikasi dengan bisnis tanpa memberikan nomor telepon kepada mereka– untuk penggunaan yang lebih umum sebagai cara berbicara dengan orang lain di aplikasi.

Percakapan yang dimulai menggunakan nama pengguna tampaknya mempertahankan enkripsi end-to-end, kata laporan itu yang dikutip dari situs Independent, Selasa, 30 Mei 2023.

Anak usaha Meta itu baru-baru ini meluncurkan sejumlah perubahan yang dimaksudkan untuk melindungi privasi pengguna. Itu termasuk perubahan baru yang memungkinkan orang mengontrol informasi yang mereka berikan di samping obrolan, membiarkan orang keluar dari obrolan grup dengan lebih tenang dan memungkinkan pengguna memilih orang tertentu yang dapat melihat ketika mereka sedang online, misalnya.

Perusahaan telah mengatakan berulang kali bahwa tujuannya adalah memungkinkan percakapan WhatsApp terasa seperti kehidupan nyata, dengan privasi dan sifat sementara yang dibawanya. Fitur lainnya telah menyertakan opsi untuk menghapus pesan dan mengeditnya setelah dikirim.

Namun sepanjang semua perubahan itu, aplikasi instan terpopuler di dunia itu selalu menggunakan nomor telepon sebagai cara untuk membuat dan memverifikasi akun, serta menemukan orang lain di aplikasi. 

Dengan nomor telepon pengguna, juga bisa berbicara dengan siapa pun, termasuk bisnis yang mungkin menyalahgunakannya dengan panggilan spam atau pemasaran lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya