5 Cara Sederhana Merawat Sepatu Kulit Agar Awet dan Nyaman saat Dipakai

Ilustrasi sepatu kulit
Sumber :
  • Pixabay/Kristianus Kurnia

VIVA – Sepatu berbahan kulit asli tentu banyak disukai orang karena kesannya yang mewah dan elegan saat digunakan. Selain itu, sepatu kulit juga dikenal awet untuk jangka waktu lama, itu lah mengapa harganya relatif mahal.

Beli Sepatu Bola Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta, Warganet: Perhitungan dari Mana?

Namun, jika tidak dirawat dengan baik, bahan kulit akan rentan rusak akibat paparan sinar matahari, percikan air hujan dan debu. Otomatis, jika sudah demikian kesan yang semula mewah dan elegan pun hilang.

Adapun, jika Anda dapat merawat sepatu kulit dengan baik, maka sepatu ini akan sangat awet digunakan, sehingga Anda dapat menghemat uang untuk membeli sepatu baru.

Dari Suede Hingga OldSkool, Tingkatkan Gaya dengan Lima Pilihan Sneakers Paling Trendy Saat Ini

Jika Anda sudah memilih sepatu kulit yang disukai, maka penting untuk memahami apa saja tahap perawatan yang perlu dilakukan.Bberikut informasi selengkapnya dilansir dari beberapa sumber, Kamis, 30 November 2023.

Pemain Pelita Jaya Yesaya Saudale Ungkap Sepatu Andalannya di Luar Lapangan

1. Hindari memaki sepatu kulit saat hujan

Air hujan dapat menimbulkan bercak noda pada sepatu berbahan kulit asli. Selain itu, sol sepatu yang basah juga lebih rentan rusak terkena permukaan abrasif (kasar), seperti beton. Jika sepatu sudah terlanjur basah, hindari menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

2. Lap sepatu kulit setelah dipakai

Tahap berikut ini bertujuan agar tidak ada kotoran yang menempel pada sepatu. Caranya Anda hanya perlu lap sepatu kulit menggunakan kain setengah basah.

Namun, jika sepatu terkena noda, gosok bagian yang kotor secara perlahan dengan campuran air dan cuka putih.

Sepatu kulit dan kursi bioskop ditumbuhi jamur selama lockdown.

Photo :
  • Facebook

3. Gunakan skin conditioner

Untuk merekondisi bahan kulit sepatu agar tetap lembut dan kenyal, Anda dapat menggunakan conditioner kulit. Cukup oleskan conditioner kulit secara tipis dan merata secara rutin.

Conditioner dapat mencegah bahan kulit retak, sehingga sepatu dapat tahan lama.

4. Simpan gunakan kantong sepatu

Setelah dua tahapan di atas dilakukan, Anda dapat memasukkan sepatu ke dalam kantong khusus. Umumnya kantong sepatu berbahan kain lembut diberikan saat Anda membeli sepatu kulit.

Tujuan kantong ini diberikan untuk menyimpan sepatu agar terhindar dari sinar matahari dan debu.

Nurman Farieka (kanan) saat menyulam sepatu dari kulit ceker ayam.

Photo :
  • Astra

5. Simpan di tempat kering

Terakhir Anda dapat menyimpan sepatu kulit di tempat yang memiliki suhu sejuk dan kering. Hindari menyimpan sepatu kulit di ruang terbuka yang terpapar sinar mataharari langsung, sebab hal ini akan membuat kulit pecah atau mengelupas.

Wali Kota Solo yang juga Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka bagi-bagi sepatu

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Wali Kota Solo yang juga Wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka membagikan 1.100 pasang sepatu kepada siswa miskin di Kota Solo

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024