Sederet Khasiat Menakjubkan Kunyit untuk Kecantikan

Kunyit.
Sumber :
  • Pixabay/Corey Ryan Hanson

VIVA.co.id – Kunyit adalah salah satu rempah yang memiliki banyak manfaat. Selain sering digunakan sebagai salah satu bumbu masak, umbi berwarna kuning ini juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Resep Ramuan Herbal untuk Redakan Demam, Cuma Pakai 3 Bahan

Rempah yang memiliki nama latin curcuma longa tersebut mengandung antioksidan, antiinflamasi, antibakteri dan antijamur. Karena kandungannya itu, banyak yang memasukkannya dalam rutinitas kecantikan. Dikutip dari The List, berikut ini sejumlah khasiat menakjubkan kunyit untuk kecantikan.

Mencegah keriput

4 Rempah Bisa Lancarkan Plak di Pembuluh Darah Jantung, Zaidul Akbar: Tapi Ada yang Lebih Penting

Masker kunyit dapat mengurangi kemerahan, peradangan, mengurangi noda dan mencegah keriput. Caranya, buat pasta dari campuran kunyit dan madu atau kunyit dan yogurt, lalu aplikasikan di wajah selama 15-20 menit, kemudian bilas. Jangan terlalu lama menerapkan masker ini, karena akan membuat kulit Anda menjadi kuning untuk sementara.

Menghilangkan ketombe

Musim Hujan Bikin Gampang Sakit, Ramuan Herbal Ini Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Kunyit juga memiliki sifat penyembuh yang menakjubkan. Campuran kunyit dan minyak kelapa dapat mengatasi masalah pada kulit kepala, seperti teriritasi atau berketombe.

Caranya, terapkan campuran tersebut di kulit kepala Anda yang bermasalah dan biarkan selama 45 menit. Kemudian, cuci dengan air hangat dan lihat hasilnya.

Menghilangkan bulu halus

Jika penampilan Anda terganggu dengan tumbuhnya bulu-bulu halus di wajah, kunyit dapat membantu Anda menyingkirkannya. Caranya, campur kunyit, tepung gram dan air dan olah menjadi pasta. Terapkan di tempat yang Anda inginkan dan gerakkan melingkar kecil untuk membantu menghilangkan bulu, kemudian bilas.  

Mengobati jerawat

Jika Anda memiliki jerawat dan noda bekas jerawat, gunakan campuran bubuk kunyit dan air. Terapkan ramuan itu di area yang berjerawat atau bernoda. Gunakan di malam hari dan biarkan hingga besok pagi, kemudian bilas hingga bersih.

Mengurangi kadar minyak

Selain manfaat di atas, dilansir dari Natural Living Ideas, kunyit dalam bentuk krim juga dapat mengurangi kadar minyak pada kulit berminyak jika rutin digunakan. Itu lantaran kunyit mengandung asam lemak dan pitosterol.

Mencegah efek negatif sinar matahari

Kunyit terbukti dapat mencegah banyak efek merugikan dari paparan radiasi ultraviolet B (UVB). Biasanya, sinar UVB kronis bisa menyebabkan penebalan kulit, kerutan, perubahan pigmentasi kulit, pembesaran pembuluh darah, dan hilangnya elastisitas kulit. Kunyit memiliki enzim yang ketika digunakan secara aktif dapat mendegradasi kolagen antara lapisan luar dan tengah kulit, sehingga dapat mencegah kerusakan akibat sinar UVB.

Melawan efek penuaan

Karena sifat antiinflamasi dan antioksidan, kunyit dapat membantu melawan efek penuaan dan penyakit yang berkaitan dengan usia. Dua penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology menemukan bahwa penggunaan krim pelembap yang mengandung kunyit sebanyak dua kali sehari selama delapan pekan memberi efek drastis mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, bintik-bintik gelap dan perubahan pigmen kulit juga berkurang hampir 15 persen.

Mengobati penyakit kulit

Kunyit terbukti cukup efektif dalam mengatasi gejala eksim, psoriasis, skleroderma, rosacea, dan penyakit kulit lainnya. Kunyit dapat menghentikan peradangan, melindungi kulit dengan meningkatkan produksi kolagen, pembentukan jaringan ikat dan aliran darah.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya