Mengerikan, Ini 5 Mitos Hewan Masuk Rumah Menurut Primbon Jawa

Ilustrasi Ular
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle – Kejadian munculnya hewan masuk rumah sering disangkutkan dengan adanya suatu pertanda atau kejadian. Apalagi jika menurut kepercayaan di masyarakat Jawa, ada beberapa hewan yang jika masuk rumah, berarti menjadi pengingat bagi pemilik rumah. Bisa jadi pemilik rumah pernah punya janji dan lupa belum ditepati.

Bukan Kecoa, Ini Hewan yang Paling Tangguh di Bumi

Beberapa hewan ini dipercayakan sebagai pertanda buruk jika tiba-tiba saja masuk rumah. Apalagi hewan tersebut tidak pernah berada di sekitar rumah kita. Nah, Mitos apa saja jika hewan-hewan tertentu masuk ke rumah menurut primbon? Simak ulasan Viva yang dirangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

1.Kelelawar

Merawat kulit dari Bahan Vegan

Kelelawar raksasa.

Photo :
  • U-Report

Ketika ada kelelawar besar (kalong) yang masuk rumah tiba-tiba ini pertanda akan ada kejadian yang buruk. Mitos ini sangat dipercaya oleh sebagian masyarakat Jawa. Jika kalong atau kelelawar besar masuk ke dalam rumah berarti pertanda musibah atau penghuni rumah di dalamnya akan mendapat sakit.

Sherina Munaf Ingatkan Jangan Pelihara Kucing Hanya untuk Gaya-gayaan

Sedangkan jika tiba-tiba masuk adalah kelelawar kecil, justru dipercaya menjadi pertanda baik dan membawa rezeki bagi penghuninya.

2.Kupu-kupu

Kupu-kupu khas Indonesia

Photo :

Menurut Primbon Jawa, jika kupu-kupu yang masuk ke dalam rumah dipercaya akan ada tamu yang akan datang. Pertanda ini dipercaya hampir di semua daerah. Beda lagi jika kupu-kupu yang masuk ke dalam rumah ini di malam hari, itu pertanda jika ada orang yang iri dan dengki terhadap penghuni rumah.

3.Ular

Ular

Photo :
  • pixabay

Ular adalah hewan yang ditakuti sebagian besar masyarakat. Menurut Primbon Jawa, ular yang masuk ke dalam rumah memiliki 2 arti. Jika yang masuk ke dalam rumah adalah ular berbisa, maka penghuni rumah harus hati-hati, karena itu menjadi pertanda buruk.

Namun jika yang masuk ke dalam rumah adalah ular tidak berbisa, artinya ada janji yang terlupa belum dipenuhi oleh penghuni rumah tersebut.

4. Burung Hantu

#burunghantu

Photo :
  • U-Report

Fenomena masuknya burung hantu ke dalam rumah ini memang jarang terjadi. Menurut kepercayaan tradisional masuknya hewan ini ke rumah memiliki arti penting. Mitosnya, burung hantu ini menyampaikan pesan bahwa akan datang kematian. Namun sebagian juga percaya pada burung ini utusan Tuhan yang membawa pesan khusus.

5.Capung

Nimfa Capung

Photo :
  • Tangkapan Layar

Mitos selanjutnya yakni capung. Jika capung masuk rumah dipercaya akan membawa pertanda baik yakni kebahagiaan dan kesehatan bagi penghuni rumah.

Nah, Itu beberapa mitos tentang hewan yang masuk rumah tiba-tiba menurut Primbon Jawa. Mungkin salah satunya pernah kamu alami?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya