Tips Agar Persahabatanmu Semakin Langgeng dan Awet, Harus Menghargai Satu Sama Lain

Ilustrasi persahabatan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Dalam hidup, tentunya kita sangat membutuhkan orang terdekat yang bisa menemani atau menjadi teman berkomunikasi dalam menjalani keseharian. Selain keluarga, kita juga sangat membutuhkan peran sahabat yang selalu bersama disaat suka maupun duka. Mempunyai persahabatan yang baik tentunya menjadi impian setiap orang.

Sahabat Masih Bersaksi Soal Kebaikan Babe Cabita

Dengan adanya sahabat dalam fase kehidupan, kita bisa terbuka tentang masalah yang sedang dihadapi untuk mencari solusi agar masalah tersebut sirna. Tak hanya itu saja, adanya sahabat dalam kehidupan kita pun mampu menambah warna baru bagi kehidupan.

Definisi sahabat bagi sebagian besar orang adalah sesuatu membuat kita merasa terhubung dan ada untuk kita. Menurut peneliti persahabatan Lydia Denworth, telah ditemukan tiga faktor minimum untuk persahabatan yang berkualitas. Tiga faktor tersebut adalah ikatan persahabatan yang baik, saling memberikan timbal balik, dan selalu ada satu sama lain

Sekjen PDIP soal Teman Megawati di Open House: Yang Tunjukkan Komitmen Indonesia Bukan Bagi Keluarga

Ilustrasi persahabatan

Photo :
  • Pixabay

Jika anda ingin persahabatan yang sudah dijalani semakin awet, perlu adanya langkah yang harus dilakukan, antara lain sebagai berikut dilansir dari Better Help, Jumat, 2 Februari 2024.

Paling Lucu dan Baik, Cara Raditya Dika Kenang Babe Cabita

1. Menghargai Satu Sama Lain

Berpisah, Kulfi dan Amyra Saling Janji Jaga Persahabatan, Kulfi ANTV Jam 15.00 WIB

Photo :
  • antv

Hal ini adalah langkah pertama yang perlu dilakukan di dalam sebuah persahabatan. Salah satu usaha untuk menunjukkan kepedulian dan kasih sayang kepada sahabat adalah dengan menghargai satu sama lain. 

Contohnya, jika seorang sahabat berhasil mencapai sesuatu, kita seharusnya dapat memberikan apresiasi atas prestasi yang telah diraih olehnya. Tidak dalam konteks itu saja, anda juga harus menghargai waktu, kesempatan atau kesediaan sahabat untuk bersama anda. Begitupun juga sebaliknya.

Contoh lainnya dalam menjalin persahabatan adalah dengan saling menghargai pendapat satu sama lain. Isi dari pikiran seseorang sangatlah berbeda-beda, maka dari itu kita harus menghargai setiap nasihat atau ucapan yang diucapkan oleh sang sahabat. 

2. Selalu Ada Satu Sama Lain

Film Persahabatan Bagai Kepompong.

Photo :
  • Instagram @_maxpictures

Tentunya sebagai seorang sahabat, kita perlu meluangkan waktu satu sama lain. Luangkan lah waktu walaupun hanya sebentar untuk saling bertukar pesan. Kita tidak boleh melewatkan momen-momen penting yang terjadi bersama sahabat.

Di dalam sebuah kehidupan, tentunya kita memiliki titik terendah yang menimbulkan kesedihan dan kekecewaan pada diri. Maka dari itu, sebagai sahabat kita harus selalu ada satu sama lain untuk saling mendukung dan menemani dia untuk bisa kembali berpikir jernih.

Hargailah setiap waktu yang ada bersama sahabat, menyediakan waktu satu sama lain akan membuat persahabatan semakin kuat.

3. Saling Membuka Diri

Persahabatan juga bisa hancur dan retak.

Photo :
  • http://www.tonfeb.com

Pada dasarnya, kita harus saling terbuka satu sama lain dan usahakan untuk tidak menyembunyikan sesuatu, hal itu menjadi aspek penting pada sebuah persahabatan yang terjalin. Janganlah membuat kesalahpahaman yang membuat anda dan sang sahabat bertengkar, tentunya hal ini dapat meminimalisir terjadinya permasalahan.

Kita tidak bisa memendam permasalahan yang sedang dihadapi sendirian, kita perlu adanya seseorang yang membuat kita dapat mencurahkan segala isi hati yang terpendam. Dengan mengeluarkan permasalahan isi hati, dapat membuat perasaan terasa lega dan luang.

4. Saling Percaya

Ilustrasi persahabatan.

Photo :
  • http://indowebby.com

Kepercayaan adalah aspek penting dalam sebuah hubungan, baik dalam pasangan, keluarga, ataupun persahabatan. Rasa kepercayaan menjadi tolak ukur dalam membangun sebuah hubungan agar tetap terjalin dengan baik.

Di dalam hubungan persahabatan perlu adanya rasa kepercayaan yang harus diberikan satu sama lain, jika didalamnya terdapat rasa ketidak percayaan akan membuat hubungan tersebut penuh dengan rasa curiga.

Kepercayaan pada satu sama lain harus seimbang, kita memang tidak boleh menaruh kepercayaan secara berlebihan kepada orang lain. Namun apabila dengan sahabat, kita setidaknya harus memiliki seseorang yang bisa membuat kita percaya terhadap hal apapun. 

Itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan agar persahabatan yang sudah terjalin semakin lebih baik dan awet. Setiap orang tentunya ingin memiliki hubungan persahabatan yang terasa indah dan berwarna sebagai tanda bahwa kita memaknai kehidupan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya