Asupan Gizi untuk Anak Dianjurkan Harus Seimbang Sejak Dini

Anak makan sayur
Sumber :
  • Pixabay/ avitalchn

VIVA.co.id – Asupan gizi seimbang penting bagi tumbuh kembang anak. Namun kapan sebaiknya penerapan gizi seimbang mulai diterapkan?

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Prof. Dr. Endang L. Achadi, MPH, Dr.PH sebagai Ketua Umum PP Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) mengatakan bahwa tidak ada batas umur minimal, namun penerapan ini harus dilakukan sejak dini bahkan sejak anak dalam kandungan.

“Seharusnya sejak dini dan dikandung ibunya, untuk bayi yang baru lahir gizi seimbang cukup dengan ASI," kata Dr. Endang saat ditemui di Gedung Kemendikbud, Jakarta beberapa waktu lalu.

Banyak Anak ke Sekolah Tak Sarapan, Ahli Gizi: Padahal Bisa Dukung Prestasi Akademik

Anda perlu pastikan bahwa gizi anak terpenuhi dengan porsi makan yang proporsional. Perbanyak buah dan sayur, seimbangkan karbohidrat dan protein.

"Kalau pada usia awal dia kekurangan gizi dia berisiko punya penyakit tidak menular seperti jantung, diabetes," kata dia.

Pakar Gizi Paparkan Pentingnya Zat Besi untuk Pertumbuhan Fisik dan Kognitif Anak

Saat ini ia menjelaskan bahwa masih banyak balita di Indonesia yang masih kekurangan gizi. Akibatnya mereka tidak memiliki berat dan tinggi badan normal.

"Dalam hal ini terutama pada balita sebesar 37 persen artinya 1 dari 3 anak punya tinggi dan berat badan kurang dari normal dan anak ini berisiko punya pengembangan otot yang tidak optimal," lanjut dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya