Tergiur Legitnya Bisnis Umrah

Iming-iming promo umrah murah memikat banyak jemaah untuk pergi ke Tanah Suci.
Iming-iming promo umrah murah memikat banyak jemaah untuk pergi ke Tanah Suci.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Eko Priliawito

VIVA.co.id – Maryanah (52) sudah sepekan ini susah makan. Wajahnya lesu, tatapannya kosong, sesekali jari-jemari perempuan paruh baya itu meremas kertas dengan gemas. 

Tak banyak kata yang keluar dari Maryanah. Kini, ia lebih banyak menghabiskan waktunya sendirian sembari melamun.

Maryamah depresi gara-gara gagal berangkat umrah. Ia telanjur menggelar syukuran, mengundang handai taulan, pamitan, karena sebentar lagi akan ke Tanah Suci. 

Rencana itu seolah sirna, saat mendengar kabar biro perjalanan umrah tempat dia mendaftar tersandung kasus. Uang belasan juta rupiah yang sudah dia setorkan pun terancam raib.

"Saya stres mikirin ini. Uang saya Rp18 juta hilang begitu saja. Terus saya umrah gagal," kata warga  RT 03/19, Jatimakmur, Pondok Gede, Kota Bekasi itu pada Minggu, 20 Agustus 2017.
 
Senasib, Martini Mukti Sulaiman (71), warga Komplek Parupuak Raya Blok G/5 Kelurahan Parupuk Tabing, Kota Padang, Sumatera Barat, juga mengalami hal serupa. Rencananya untuk ibadah umrah ke Tanah Suci kandas.

Wanita yang sehari-hari berdagang telur puyuh hanya bisa pasrah dan menunggu kepastian apakah uang yang sudah ia setorkan dapat dikembalikan. 

"Butuh waktu lama bagi saya untuk mengumpulkan uang itu, bahkan sampai berutang. Saya berharap uang saya dapat kembali, atau berangkatkan saya umrah," ujar Martini saat ditemui di kediamannya, Rabu 23 Agustus 2017.