Mengenal Hyundai Pony, Mobil yang Mengubah Sejarah Otomotif Korea Selatan

VIVA Otomotif: Hyundai Pony
Sumber :
  • Dok: Hyundai

Jakarta – Hyundai Pony mengukir sejarah sebagai kendaraan, yang mengubah perjalanan industri otomotif Korea Selatan. Diperkenalkan pada tahun 1974, Pony menjadi mobil pertama dari negara tersebut yang diproduksi secara massal dan diekspor ke luar negeri.

Dokter Dipergoki Suami Selingkuh di Dalam Mobil, Singgung Anak Wakil Bupati

Keberhasilannya membawa dampak signifikan bagi masyarakat Korea Selatan, tidak hanya dalam hal mobilitas, tetapi juga dalam meningkatkan kualitas hidup.

Pony adalah cerminan ambisi Hyundai Motor Company, untuk terus berani berinovasi dan menghadirkan solusi yang revolusioner serta berfokus pada kebutuhan manusia.

Frustasi Angka Kelahiran Rendah, Presiden Korsel Bentuk Kementerian Baru

Kendaraan ini menjadi simbol kemandirian Korea Selatan dalam mengembangkan industri otomotif nasional. Pada tahun 1976, Pony mencapai pangsa pasar mobil penumpang domestik sebesar 44 persen, dan menjadi mobil pertama bagi banyak keluarga di negara tersebut.

VIVA Otomotif: Hyundai Pony

Photo :
  • Dok: Hyundai
Kendaraan Niaga Berkepala Dua Bukan Sesuatu yang Mustahil

Dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi Hyundai, Kamis 3 Agustus 2023, selain menunjukkan prestasi luar biasa dalam pangsa pasar Pony juga berperan penting dalam meningkatkan aksesibilitas dan kualitas hidup masyarakat.

Pada waktu itu, mobil masih jarang, dan Pony membantu memperpanjang jarak tempuh harian bagi banyak orang, memberikan lebih banyak kebebasan bergerak, dan memungkinkan akses yang lebih luas ke berbagai kegiatan menarik.

Ini menjadikan Pony sebagai aset berharga bagi masyarakat Korea Selatan dan menghidupkan industri otomotif dalam negeri serta membawa pertumbuhan ekonomi bagi negara.

Kehadiran Hyundai Pony telah membawa pengaruh besar terhadap desain dan filosofi Hyundai. Desain orisinalnya yang tak lekang oleh waktu dan fokus pada kemanusiaan telah menjadi sumber inspirasi bagi perkembangan model-model masa depan.

Bahkan hingga saat ini, semangat dan DNA dari Pony tetap menjadi inti dari filosofi perusahaan dalam menciptakan inovasi yang berkelanjutan dan berorientasi pada kebutuhan manusia.

VIVA Otomotif: Hyundai Pony Coupe Concept

Photo :
  • Dok: Hyundai

Dengan terus berinovasi dan berusaha menciptakan solusi mobilitas cerdas, Hyundai kini melangkah maju dengan teknologi yang ramah lingkungan seperti kendaraan listrik dan teknologi hibrid hidrogen.

Pony dan Pony Coupe Concept menjadi inspirasi bagi model-model masa depan seperti Hyundai Ioniq 5 dan Hyundai N Vision 74.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya