Sensasi Berkendara Seres E1, Mobil Listrik Harga Rp100 Jutaan

Test drive Seres E1 di ajang GIIAS 2023
Sumber :
  • Arianti Widya

Tangerang – Pasar otomotif Indonesia mulai dipenuhi opsi mobil listrik, seperti salah satunya Seres yang berada di bawah naungan PT Sokonindo Automobile dan menjadi bagian dari perusahaan DFSK.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2023, Seres meluncurkan mobil listrik terbaru Seres E1 dengan dua harga pilihan, yaitu: untuk Type B seharga Rp189 juta dan Type L dengan harga Rp219 juta.

Pada kesempatan kali ini, VIVA Otomotif menjajal Seres E1 di area Test Drive GIIAS 2023. Untuk diketahui, kami mencoba Seres E1 Type B. Menariknya, Seres E1 yang baru mengaspal di pasar Indonesia ini hadir dengan warna catchy seperti Biru muda dan Pink.

3 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan saat Mobil Diderek

Seres E1 berhasil melewati rintangan Water Test di GIIAS 2023

Photo :
  • Arianti Widya

Masuk ke bagian dalam, terlihat warna dari keseluruhan interior berwarna baby blue yang membuat kabin terlihat cerah dan Eye-catching. Pada area dashboard sudah dilengkapi fitur-fitur yang sudah disemati teknologi touchscreen.

Test Drive Suzuki Jimny 5 Pintu: Melebihi Ekspektasi

Uniknya pada Seres E1, transmisi perpindahan gigi berbeda dari mobil kebanyakan. Jika biasanya dibuat tombol putar, Seres E1 justru memberikan panel transmisi dengan menekan ke atas atau bawah untuk perpindahannya. Dan transmisi ini terletak di sisi kiri setir kemudi bukan di konsol tengah.

Kemudian untuk jok, pengaturan masih diatur secara manual, namun posisinya sudah cukup baik untuk pengemudi dengan tinggi 165cm.

Ketika pedal gas diinjak, kami merasakan tarikan yang responsif dari motor penggerak yang terpasang pada Seres E1. Sebagai informasi, Seres E1 Type B dibekali dengan baterai Lithium Iron Phosphate dengan kapasitas 13,8 kWh dan jarak tempuh maksimal 180 Km.

Kemudian, baterai ini dapat diisi 10-90 persen menggunakan soket AC Type 2 hanya dalam waktu 3,5 jam.

Sebagai informasi, pada Seres E1 terdapat beberapa fitur keselamatan seperti ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake Distribution), Brake Assist serta Hill Hold Control, hal ini lah yang membuat saat kami mengurangi kecepatan kendara, rem nya tidak kasar.

Sayangnya menurut kami, suspensi dari kendaraan ini masih terasa agak kasar saat melewati jalanan bergelombang.

Kami juga mencoba Seres E1 dengan melewati trek Water Test, dan berhasil melaju tanpa adanya kendala hal ini menandakan bahwa mobil listrik E1 akan aman di bawa melewati genangan air dengan kedalaman sekitar 30 sentimeter.

Namun, kami hanya diberikan waktu sebentar untuk merasakan sensasi berkendara dengan Seres E1 jadi tidak bisa melewati rintangan jalanan lainnya.

Tetapi, untuk mobil dengan harga Rp100 jutaan ini sudah terasa cocok untuk mobilitas di perkotaan, khususnya bagi kaum perempuan karena mobil ini memiliki warna yang catchy

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya