Meraih Kemuliaan Lailatul Qadar dari Rumah (1)

Source : Republika
Source : Republika
Sumber :
  • republika

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ina Salma Febriany

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Qs. al-Qadr 97: 1-5)

Apa yang paling istimewa dari bulan suci Ramadhan bagi teman-teman?

Selain bisa berbuka puasa bersama keluarga setiap hari dan selalu berbagi di masa pandemi ini, kekhasan lain bulan suci Ramadhan adalah di penghujungnya! Mengapa? Sebab di Ramadhan yang tersisa inilah Allah memberikan satu malam yang sungguh mulia dan lebih baik dari seribu bulan. Qs. al-Qadr 97: 1-5 merekam dengan sempurna!

Apa sih malam Lailat al-Qadr sebenarnya?

Nah, sebelum kita bahas makna Lailat al-Qadr dan kemuliaan yang dimilikinya, kita coba memaknai surah al-Qadr 97:1-5 di atas pelan-pelan, yuk!

Surah al-Qadr 97: 1-5 di atas diperselisihkan masa turunnya. Ada yang berpendapat, ia turun sebelum Nabi hijrah ada juga yang berpendapat setelahnya. Namun, jika kita melihat kandungan surah ini yang berbicara mengenai Lailat al-Qadr, yang merupakan satu malam mulia di bulan suci Ramadhan, lebih meyakinkan bahwa ayat itu turun pasca Rasul hijrah ke Madinah (mengingat kewajiban puasa baru ada setelah tahun kedua Hijrah).